Laporan dari London

KBRI London galang dukungan di Dewan IMO

KBRI London galang dukungan di Dewan IMO

Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris Raya, Irlandia dan IMO, Rizal Sukma (duduk paling kanan), bersama Delegasi RI dalam Sidang Organisasi Maritim Internasional (IMO) di London. (twitter.com/KbriLondon)

London (ANTARA) - Kedutaan Besar Indonesia di London menyelenggarakan resepsi untuk penggalangan dukungan kepada Indonesia dalam pencalonan kembali sebagai Anggota Dewan International Maritime Organization (IMO) kategori C untuk periode 2020-2021.

Keterangan  tertulis dari KBRI London yang diterima Antara, Rabu, menyebutkan acara  yang digelar di salah satu gedung berlokasi dekat gedung Parlemen Inggris, Westminster, dihadiri sekitar 100 undangan termasuk Sekretaris Jenderal IMO Kitack Lim dan sejumlah perwakilan asing merangkap IMO.

Baca juga: KBRI London cari dukungan Indonesia untuk IMO

Duta Besar RI untuk Inggris Raya, Irlandia dan Organisasi Maritim Internasional, Dr Rizal Sukma mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan duka kepada korban Topan Hagibis yang melanda Jepang beberapa hari lalu.

Dubes Rizal Sukma menyampaikan ucapan terima kasih kepada Sekjen IMO Kitack Lim dan perwakilan asing yang hadir dan menyatakan Indonesia akan terus meningkatkan kerja sama dan partisipasi aktif dengan IMO mengingat sektor maritim merupakan salah satu prioritas utama pembangunan Indonesia saat ini.

Dikatakannya, Indonesia menaruh perhatian besar pada pentingnya menjaga keselamatan dan keamanan kapal-kapal yang berlayar melintasi jalur laut dan secara intens melakukan penanganan kegiatan-kegiatan di laut  ilegal dan di luar peraturan yang berlaku karena jutaan orang menggantungkan kehidupannya di laut.

Baca juga: Yakinkan investor Inggris, jangan ragu berbisnis di Indonesia

Indonesia secara aktif bekerja sama dengan anggota IMO melakukan proteksi lingkungan maritim guna melindungi ekosistem maritim.

Menurut Dubes , sebagai salah satu negara dengan jumlah pelaut terbanyak di dunia, Indonesia akan melanjutkan kerja sama dengan anggota IMO guna mendorong terciptanya pedoman untuk menerapkan berbagai instrumen hukum internasional yang mengatur upaya perlindungan terhadap para pelaut baik secara fisik maupun keamanan finansial saat terjadi pelanggaran dalam kegiatan operasionalnya.

Baca juga: KBRI London - IIPC dan Diaspora gelar sarasehan investasi

Indonesia akan terus mempromosikan pelayaran berkesinambungan dan mendukung pelaksanaan Rencana Strategis IMO, katanya.

Pada bagian akhir sambutannya, Dubes Rizal Sukma mengatakan Indonesia bekerja sama dengan anggota IMO memastikan Reformasi IMO transparan, inklusif dan inovatif. Untuk itu, Indonesia menominasikan tim auditor eksternal untuk periode 2020-2023.

 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penerbangan Medan - London dukung wisata Danau Toba

Komentar