Balap Sepeda

Pebalap PRCT Odie Setiawan bikin kejutan di Malaysia

Pebalap PRCT Odie Setiawan bikin kejutan di Malaysia

Pebalap PGN Road Cycling Team (PRCT) Indonesia, Odie Setiawan (tengah) pada Tour of Peninsular 2019 Malaysia, Kamis (17/10/2019). ANTARA/Istagram@PGN_cycling

Jakarta (ANTARA) - Pebalap PGN Road Cycling Team (PRCT) Indonesia, Odie Setiawan membikin kejutan pada kejuaraan Tour of Peninsular 2019 etape empat setelah mampu finis di posisi tiga dari Sungai Koyan menuju Cameron Highland, Malaysia, Jumat, dengan jarak tempuh 89,5 km.

Odie yang merupakan pebalap timnas Indonesia yang disiapkan untuk SEA Games 2019 Filipina itu membukukan catatan waktu dua jam 22 menit 54 detik. Pebalap tercepat pada etape empat tersebut adalah Marcos Garcia dari Kinan Cycling Team Jepang dengan waktu dua menit 21 menit 12 detik, demikian laman resmi kejuaraan.

Baca juga: Penetapan nama tuntas, balap sepeda incar dua emas di SEA Games

Meski mampu finis di urutan ketiga di etape terberat kejuaraan dengan level 2.1 UCI, posisi Odie pada klasemen umum masih terlempar dari sepuluh besar. Saat ini salah satu andalan Indonesia itu berada di posisi 51 atau terpaut 16 menit 7 detik dari pemuncak klasemen yaitu Marcos Garcia dengan waktu 13 jam 39 menit 41 detik.

Hasil yang diraih oleh Odie berbanding terbalik dengan rekan satu timnya, Aiman Cahyadi. Pada etape empat ini, Aiman harus puas finis di posisi 29 atau terpaut empat menit 51 detik dengan pemenang etape empat.

Dengan hasil tersebut, kaos merah sebagai tanda predikat raja tanjakan yang dipegang oleh Aiman Cahyadi pada etape tiga harus terlepas. Kini kaos merah diperebut oleh juara etape empat yang juga pemuncak klasemen Tour of Peninsular 2019, Marcos Garcia.

Dengan mampu menempatkan Odie di posisi tiga disusul Sendy Nur Hasan di posisi 21 dan Aiman di posisi 29, maka juga berdampak pada posisi tim. PRCT hingga etape empat Tour of Peninsular 2019 berada di posisi enam dari 20 tim yang bersaing dengan total catatan waktu 41 jam 15 menit 42 detik.

Tour of Peninsular 2019 menempuh jarak 751 km yang terbagi dalam lima etape. Pada kejuaraan tersebut, ada dua tim Indonesia yang berpartisipasi. Selain PRCT adalah KFC Cycling Team dan masing-masing tim diperkuat enam pebalap.

Pada kejuaraan tersebut juga menjadi ajang bagi pebalap yang disiapkan untuk SEA Games 2019 menempa diri. Selain Aiman Cahyadi dan Odie Setiawan ada juga nama Robin Manullang, Sendy Nur Hasan dan Muhammad Abdurrohman.

Baca juga: Ayustina dapat modal berharga sebelum ke SEA Games 2019

Baca juga: Fanani dan Rafika incar emas MTB XC di SEA Games 2019

 

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar