Piala Dunia Rugby

Selandia Baru akan hadapi Inggris pada semifinal Piala Dunia Rugby

Selandia Baru akan hadapi Inggris pada semifinal Piala Dunia Rugby

Para pemain Selandia Baru merayakan keberhasilan mereka mengalahkan Irlandia sekaligus mengamankan tiket semifinal Piala Dunia Rugby 2019, setelah pertandingan yang dimainkan di Stadion Tokyo, Tokyo, Jepang, Sabtu (19/10/ 2019) malam WIB. (ANTARA/AFP/ODD ANDERSEN)

Jakarta (ANTARA) - Selandia Baru akan berhadapan dengan Inggris pada semifinal Piala Dunia Rugby, setelah kedua tim itu meraih kemenangan atas lawan-lawan mereka pada perempat final yang dimainkan pada Sabtu malam WIB.

All Blacks mendulang kemenangan 46-14 atas Irlandia dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Tokyo, Jepang. Sedangkan Inggris menghentikan kiprah Australia dengan kemenangan 40-16 dalam laga yang dimainkan di Stadion Oita, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Aaron Smith mencetak dua try pertama untuk Selandia Baru, yang mampu menahan Irlandia untuk tidak mengemas poin selama 70 menit dalam pertandingan yang berlangsung berat sebelah itu.

Baca juga: Jepang tembus perempat final Piala Dunia Rugby untuk pertama kalinya

Dua try dari Smith disusul oleh pemain terbaik di laga ini Beauden Barrett, yang berlari mengejar sepakan grubbernya sendiri. Sebelum kemudian Selandia Baru mencatatkan keunggulan 22-0 atas lawannya.

Operan Kieran Read membuat Codie Taylor dapat mencetak try keempat Selandia Baru. Mereka kemudian menambah keunggulan melalui try kelima yang dicetak Matt Todd.

Robbie Hendhaw akhirnya membuat Irlandia dapat mencetak poin, sebelum Dane Coles menyodorkan bola kepada George Bridge untuk dijadikan try ketika Selandia Baru unggul 41-7.

Dua penalti try menggandakan skor Irlandia sebelum Beauden Barrett memberi operan kepada saudaranya Jordie Barrett untuk mencetak try ketujuh dan terakhir mereka.

Baca juga: Irlandia kunci tiket perempat final setelah pecundangi Samoa

Bagi keluarga Barrett, kemenangan ini menjadi sangat berarti terutama setelah kakeknya Ted tutup usia pada awal pekan ini.

"Ini merupakan pekan yang emosional bagi keluarga saya. Hal yang ingin kami lakukan pada malam ini adalah bermain baik demi dia. Kami memikirkan dia yang sudah di atas sana, kami mencintaimu, Kakek Ted," kata Beauden Barrett seperti dilansir AFP.

Inggris ke semifinal pertama sejak 2007

Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Jonny May mencetak dua dari tiga try pertama Inggris dalam babak pertama, ketika The Red Roses mencapai semifinal untuk pertama kalinya sejak 2007.

Try yang diukir Kyle Sinckler dan Anthony Watson menambah keunggulan Inggris pada babak kedua, dan 20 poin didapat dari sepakan-sepakan konversi dan penalti Owen Farrel.

Di kubu Australia, mereka hanya mampu mendapat poin dari try Marika Koroibete, serta konversi dan penalti-penalti Christian Lealiifano.

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ratusan pencari suaka di Pekanbaru lakukan aksi damai

Komentar