Liga Inggris

Leicester, Aston Villa bukukan kemenangan dari keadaan tertinggal

Leicester, Aston Villa bukukan kemenangan dari keadaan tertinggal

Gelandang serang Leicester City Youri Tielemans (kanan) melakukan selebrasi bersama Jamie Vardy seusai mencetak gol ke gawang Burnley dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Sabtu (19/10/2019). (ANTARA/REUTERS/Craig Brough)

Jakarta (ANTARA) - Leicester City dan Aston Villa sama-sama membukukan kemenangan setelah bangkit dari keadaan tertinggal dalam rangkaian laga pekan kesembilan Liga Inggris yang berlangsung Sabtu.

Leicester yang menjamu Burnley di Stadion King Power sempat tertinggal lebih dulu dari tamunya akibat gol Chris Wood pada menit ke-26, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Leicester akan belajar dari kekalahan lawan Liverpool

Gol itu tercipta saat Wood mengalahkan Jonny Evans dan Caglar Soyuncu untuk menanduk umpan silang terukur Dwight McNeil. Kiper Kasper Schmeichel sempat berusaha menghalau bola, namun lajunya tak tertahan ke dalam gawang.

Pun demikian, Leicester tak patah arang dan tepat pada pengujung babak pertama Jamie Vardy sukses menyamakan kedudukan 1-1 lewat tandukannya menyambut umpan silang Harvey Barnes.

Leicester terus tampil menekan pada paruh kedua dan pada menit ke-74 Youri Tielemans sukses membalikkan keadaan dengan menyambar bola liar setelah barisan pertahanan Burnley gagal mengamankan umpan silang Barnes.

Pada menit ke-81, keunggulan Leicester hampir terhapus setelah Evans mencetak gol bunuh diri karena bola hasil penyelamatan Schmeichel membentur kakinya. Namun, gol itu dianulir oleh wasit dan VAR karena Evans dianggap dilanggar oleh Wood.

Baca juga: Guendogan bersikeras Man City tak peduli klasemen saat ini

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai dan kemenangan itu sukses mengangkat posisi Leicester naik ke peringkat kedua dengan koleksi 17 poin, menggusur Manchester City (16) yang belum memainkan pertandingan pekan kesembilannya.


Aston Villa menang, empat tim lain imbang

Dalam laga lain yang berlangsung di Villa Park, tuan rumah Aston Villa juga membukukan kemenangan atas Brighton & Hove Albion serupa cara Leicester namun dengan bumbu lebih dramatis.

Brighton mencuri keunggulan pada menit ke-21 saat tendangan bebas Pascal Gross berhasil ditanduk oleh Adam Webster ke gawang tuan rumah, namun mereka harus menyelesaikan pertandingan dengan 10 pemain sejak menit ke-35 karena Aaron Mooy menerima kartu kuning kedua.

Pada menit ke-42 Villa merasa menyamakan kedudukan lewat gol Comor Horuihane setelah ia menyelesaikan umpan John McGinn memanfaatkan bola yang luput dari tangkapan kiper Matt Ryan, namun gol dianulir karena wasit menganggap Ryan terlebih dulu dilanggar oleh Wesley dalam prosesnya.

Menit kedua injury time babak pertama Jack Grealish menyamakan kedudukan untuk Villa lewat aksinya menyontek umpan silang Guilbert.

Pertandingan sepertinya akan berakhir imbang namun pada menit keempat injury time Matt Targett berhasil memastikan kemenangan Villa 2-1 atas Brighton memanfaatkan umpan dari Grealish.

Hasil itu membuat Villa naik ke peringkat ke-11 dengan koleksi 11 poin, sementara Brighton (9) melorot ke urutan ke-16.

Baca juga: Everton keluar dari zona degradasi usai kalahkan West Ham

Dua pertandingan lain yang berlangsung bersamaan antara Bournemouth kontra Norwich City dan Wolverhampton melawan Southampton berakhir imbang.

Bournemouth yang menjamu Norwich harus puas dengan skor kacamata, setelah menjalani laga minim peluang di Stadion Vitality.

Sementara itu di Stadion Molineux, sebuah tendangan penalti Raul Jimenez memastikan keunggulan yang sempat dimiliki Southampton lewat Danny Ings terkubur. Wolverhampton dan Southampton berbagi satu poin usai imbang 1-1.

Hasil-hasil itu membuat Bournemouth kini naik ke urutan kesembilan dengan 12 poin dan Wolverhampton (11) turun ke peringkat ke-12 sedangkan Southampton (8) dan Norwich (7) tak beranjak dari posisi ke-17 dan ke-19.

Baca juga: Dele Alli selamatkan muka Tottenham dari kekalahan lawan Watford

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: MU vs Liverpool jadi sajian utama
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar