Anti Hoax

Istri Ma'ruf Amin gunakan tas Hermes saat pelantikan, ini penjelasannya

Istri Ma'ruf Amin gunakan tas Hermes saat pelantikan, ini penjelasannya

Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin (tengah) memimpin doa bersama didampingi istri Wuri Estu Handayani Ma'ruf Amin (kanan) beserta keluarga sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Beredar sebuah unggahan di media sosial yang menyatakan istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, menjinjing tas Hermes saat menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024 di Gedung DPR pada Minggu (20/10).

Kiriman yang diberi judul "Woww..Saat Pelantikan, Tas Hermes Ibu Nyai Wury Ma'ruf Amin Mencapai Rp672 Juta" itu diunggah sebuah akun Facebook bernama pada Selasa (22/10).
 
Tangkapan layar konfirmasi hoaks tas istri Wapres Ma'ruf Amin oleh Kominfo (Antara/Kominfo)


Klaim : Istri Ma'ruf Amin gunakan tas Hermes saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI
Rating: Salah/ Disinformasi

Penjelasan
Dari hasil penelusuran yang dilakukan, diketahui bahwa istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, tidak menggunakan tas branded asal Perancis, Hermes, seharga Rp672 juta, seperti yang dinarasikan pemilik akun Facebook Indah dalam unggahannya.

Dilansir dari akun Instagram @megakamila79 pada Selasa, diketahui bahwa Wury Estu Handayani saat acara pelantikan pada akhir pekan lalu, tengah menjinjing tas bermerek YUYUTSU, yang merupakan produk buatan dalam negeri.

Melalui unggahannya pada Senin (21/10), akun @megakamila79 menyampaikan terima kasih kepada Wury, karena memakai tas dari YUYUTSU.

Akun dengan nama Mega Kamila itu, turut mengunggah foto Wury yang tengah melambai dan menjinjing tas hitam berbentuk segi empat, dengan kancing pembuka berwarna emas, saat menghadiri pelantikan suaminya di Gedung DPR.

Selain itu, berdasarkan informasi yang dihimpun dari kiriman foto di akun Instagram milik Mega Kamila pada 31 Desember 2017, diketahui pula bahwa Wury menggunakan tas dengan seri YUYUTSU Clutch size M, yang terbuat dari kulit buaya.
Tangkapan layar dari akun @megakamila79 (Istimewa)


Cek fakta: Ma'ruf Amin tinggalkan kediaman menuju Gedung DPR
Cek fakta: Usai dilantik, Ma'ruf Amin dijadwalkan terima sejumlah tamu negara












 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar