Taspen pastikan terus inovasi layanan untuk ASN

Taspen pastikan terus inovasi layanan untuk ASN

Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali (kanan) dan Direktur Operasional PT Taspen (Persero) Ermanza (kiri) saat memukul rebana menandai peresmian gedung PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019). ANTARA/Ahmad Wijaya

Kami memiliki 57 cabang yang tersebar di seluruh daerah Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Taspen (Persero) memastikan akan terus melakukan inovasi berbagai layanan untuk aparatur sipil negara dan pensiunannya  dalam upaya memberikan kemudahan dan efisiensi mengurus berbagai dokumen.

"Kami memiliki 57 cabang yang tersebar di seluruh daerah Indonesia, sehingga bisa mendekatkan kepada seluruh peserta agar mudah untuk mengurus berbagai keperluan," kata Direktur Operasional Taspen Ermanza di Jakarta, Rabu, saat acara peresmian gedung Taspen Kantor Cabang Jakarta Selatan yang dilakukan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali.

Baca juga: Taspen serahkan manfaat THT dan Pensiun untuk Wapres

Sejumlah inovasi layanan Taspen dalam beberapa tahun terakhir ini antara lain Smartcard yang menawarkan loyalty benefit kepada para peserta, Otentikasi Digital, Aplikasi TASPEN Mobile 2.0 dan Wirausaha Pintar.

Dikatakan, jumlah aparatur sipil negara (ASN) dan pensiunannya di Indonesia tersebar di berbagai daerah, termasuk wilayah yang sulit terjangkau.

Dia mencontohkan, pensiunan ASN di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, untuk mengurus dokumen kepegawaian atau pensiunan kini tidak lagi harus datang secara fisik ke Kota Jakarta, rapi bisa mengurus secara online dari tempat tinggalnya.

Demikian juga proses pembayaran pensiunan, katanya, saat ini sudah mudah dan cepat yang jika dilakukan di kantor Taspen tidak lebih dari satu jam.

"Kalau ada peserta yang mengurus keperluan di kantor Taspen lebih dari satu jam, maka akan ada kompensasi," kata Ermanza.

Untuk memberikan kepuasan bagi ASN dan pensiunannya, Taspen juga sudah melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan seperti Grab, Indihome, dan Perum Bulog.

Dengan Indihone misalnya, bentuk kerja sama yang dilakukan adalah memberikan potongan iuran bulanan 30 persen bagi ASN dan pensiunannya.

Gedung baru Kantor Cabang Jakarta Selatan beralamat di Jl. Ampera Raya No.10, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kantor Cabang Jakarta Selatan berada di bawah koordinasi Kantor Cabang Utama Jakarta.

Wilayah Kerja Kantor Cabang Jakarta Selatan terdiri atas 10 kecamatan dan 65 kelurahan, serta mengelola Instansi vertikal setingkat kementerian sebanyak 11 Instansi dengan jumlah peserta 40.267 dan 3 satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Selatan dengan jumlah peserta 34.327.

Kantor Cabang Jakarta Selatan juga melayani pensiunan sejumlah 33.643 orang dan bekerja sama dengan 18 mitra bayar dan 1 kantor pos.

Baca juga: Taspen raih penghargaan TOP 45 Inovasi Layanan Publik

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

DPR bentuk panja industri jasa keuangan, termasuk Jiwasraya

Komentar