Tenis

Djokovic juara Paris Masters untuk kelima kalinya

Djokovic juara Paris Masters untuk kelima kalinya

Petenis Serbia Novak Djokovic berpose dengan trofinya setelah mengalahkan petenis Kanada Denis Shapovalov pada final ATP World Tour Masters 1000 - Rolex Paris Masters - di The AccorHotels Arena di Paris pada 3 November 2019. ANTARA/AFP/Martin Bureau/pri.

Paris, Prancis (ANTARA) - Novak Djokovic dengan mudah memperpanjang catatan gelarnya pada Paris Masters menjadi lima kali setelah menyudahi perlawanan petenis muda Kanada Denis Shapovalov pada final Minggu sehingga memperbesar peluang menjadi petenis nomor satu dunia pada akhir tahun.

Unggulan utama itu menang 6-3, 6-4 menghadapi lawannya yang masih berusia 20 tahun yang terlihat gugup setelah masuk final karena calon lawannya Rafael Nadal mundur sebelum bertemu pada semifinal.

Djokovic akan kehilangan gelar nomor satu dunia dari Nadal pekan depan, tetapi dia tetap bisa menyamai rekor Pete Sampras finis pada tahun keenam sebagai petenis terbaik dunia.

Nadal yang berusia 33 tahun itu diragukan bugar saat ATP Tour Final yang dimulai pada 10 November di London karena cedera otot, sedangkan Djokovic sudah lima kali memenangi kejuaraan penutup musim itu.

Baca juga: Barty tutup musim cemerlangnya dengan juara di Shenzhen

Djokovic, yang tahun lalu kalah pada final turnamen Bercy oleh petenis Rusia Karen Khachanov, mengonversi satu-satunya break point ketika memastikan kemenangan keempatnya atas petenis nomor 28 dunia Denis Shapovalov.

Kini juara Grand Slam 16 kali itu sudah menjuarai 34 Masters atau terpaut satu gelar di bawah Nadal yang memuncaki daftar juara terbanyak sebanyak masa, dan total 77 dari ATP Tour.

Ini juga trofi kelima Djokovic musim ini setelah menjuarai Wimbledon dan Australia Open, selain Madrid Open dan di Tokyo.

Mengutip AFP, keberhasilan di Paris Masters adalah kelima setelah edisi 2009 dan dari 2013 sampai 2015.

Baca juga: Beatrice/Jessy menjuarai turnamen W80 Tyler di AS

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar