BNI fasilitasi pembayaran digital plat nomor pilihan untuk kendaraan

BNI fasilitasi pembayaran digital plat nomor pilihan untuk kendaraan

Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Refdi Andri (kiri) dan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati dalam Peluncuran Ropilnas dilakukan di Kuta, Badung, Bali, 6-8 November 2019, (Dokumentasi BNI)

Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk (BNI) bekerja sama dengan Kepolisian RI memfasiltasi pembayaran digital untuk pendaftaran plat nomor pilihan kendaraan bermotor.

Untuk hal itu, BNI menerapkan digitalisasi setoran penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui program Registrasi Online Nomor Registrasi Kendaraaan Bermotor Pilihan Nasional (Ropilnas).

"Selama ini banyak masyarakat kesulitan mendapatkan nomor polisi pilihan. Namun, berkat kerja sama inovasi dengan BNI, kemudahan dalam pembayaran nomor registrasi kendaraan bermotor secara digital bisa lebih mudah, cepat, akurat, dan informatif," kata Kepala Korps Lalu Lintas Polri (Kakorlantas) Irjen Pol Refdi Andri, melalui keterangan tertulis dari BNI di Jakarta, Jumat.

Peluncuran Ropilnas dilakukan di Kuta, Badung, Bali, 6-8 November 2019 dalam rangkaian Rapat Kerja Teknis Fungsi Lalulintas Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan tema "Polantas Promoter dalam menerapkan Road Safety Policing menuju Indonesia Maju.

Baca juga: BNI akan evaluasi pangkas suku bunga kredit sesuai arahan Presiden

Selain Kakorlantas Polri, acara tersebut juga dihadiri Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo S, Anggota Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Dalam usianya yang ke- 64 tahun, Korlantas Polri terus melakukan berbagai inovasi dalam rangka memudahkan layanan kepada masyarakat.

Kini proses mendapatkan plat nomor pilihan sangat mudah, cukup datang ke diler mobil untuk mobil baru atau kantor pelayanan BPKB untuk mobil lama.

Dengan menggunakan alat atau Kios Ropilnas yang tersedia ditempat tersebut, pemohon bisa memilih nomor polisi yang dikehendaki sesuai domisili atau Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Apabila nomor pilihan tersebut belum digunakan atau masih tersedia, pemohon langsung bisa mengisi formulir elektronik pada Kios atau Alat Ropilnas dengan data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor telepon genggam dan alamat pesna elektronik.

Baca juga: BNI targetkan seluruh gerainya di Aceh jadi bank syariah pada 2020

Kemudian pemohon akan memperoleh kode pemesanan nomor polisi dan nomor akun virtual BNI untuk kemudian melakukan pembayaran melalui berbagai layanan perbankan non-tunai seperti Mobile Banking, SMS Banking, ATM dan Teller, atau geraoi BNI maupun bank lain.

"Atas kerja sama dengan BNI, inovasi layanan Registrasi Online NRKB pilihan sudah berjalan di lima Polda, yaitu Jawa Tengah, Sumatera Utara, Lampung, Riau, dan Banten," ujar Refdi.

Selanjutnya, kata dia, layanan tersebut juga akan berjalan pada 14 Polda dan tahap selanjutnya di 15 Polda.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Adi Sulistyowati mengatakan BNI siap mendukung Korlantas Polri untuk berinovasi digital guna meningkatkan layanan lalu lintas bagi masyarakat, sehingga pengguna lalu lintas dapat berkendara aman.

Kehadiran Ropilnas yang diinisiasi oleh Korlantas Polri ini, menjadi solusi terhadap permintaan masyarakat yang mendambakan kemudahan dalam pembayaran, saat mencari nomor pilihan untuk kendaraan bermotornya.

Pembayaran PNBP secara nontunai merupakan pembayaran kode bayar akun virtual (virtual account).

"Ini merupakan upaya mendukung program dan instruksi Presiden, Kapolri dan Korlantas polri yaitu untuk menghindari korupsi, perampokan, pencurian, dan uang palsu," ujar dia.

Adi mengatakan BNI sebagai Bank Pemerintah selalu melakukan inovasi dan dengan mengusung digitalisasi dalam layanannya siap mendukung program-program digitalisasi Korlantas Polri guna meningkatkan layanan lalu lintas.

"BNI juga memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan lalu lintas, seperti program Samsat Online, hingga smart SIM," ujar dia.

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jakarta BNI 46 putra ke final proliga 2019

Komentar