Makassar (ANTARA News) - Sembilan lagi penumpang KM Teratai Prima berhasil ditemukan dekat perairan teluk Mandar, Senin malam, delapan di antaranya dalam keadaan selamat dan seorang penumpang perempuan sudah tidak bernyawa.

"Dengan bertambahnya sembilan penumpang KM Teratai Prima tersebut berarti total penumpang yang sudah ditemukan 31 selamat dan satu meninggal dunia tanpa identitas," kata ketua Koordinator Misi Penyelamatan (Search Mission Coordinator/SMC) Kolonel Laut Joko Santosa.

Ke-9 penumpang KM Teratai Prima ini ditemukan oleh tim SAR KRI Untung Suropati (USP) dan sebuah kapal niaga (MV CGL). MV CGL menemukan tujuh orang dan dua orang lainnya ditemukan oleh KRI USP.

"Kedua kapal yang berbeda itu menemukan penumpang KM Teratai Prima di perairan teluk Mandar atau dengan koordinat 03.52.46 detik LS dan 118.43.49 BT. Para penumpang ini ditemukan sekitar pukul 19.00 Wita," kata Asintel TNI AL Kolonel Joko Santosa.

Proses pencarian yang dilakukan oleh tim SAR melalui jalur laut dan udara masih berlangsung, namun terkendala cuaca buruk. Proses pencarin akan dilanjutkan, Selasa (12/1) pagi pukul 07.00 Wita.

"Proses pencari akan kami fokuskan pada peraira Teluk Mandar karena sembilan penumpag lainnya ditemukan di sekitar perairan itu. Pencarin akan dimulai, Selasa pagi, sekitar pukul 07.00 Wita dengan menempuh jalur laut dan udara," katanya.

Selain itu, sambung Joko, pihaknya juga meminta masyarakat Sulawesi Selatan yang mengetahui ada keluarganya menumpang KM Teratai Prima agar melaporkan ke psoko-posko yang telah dibentuk untuk memudahkn proses identifikasi.(*)

Editor: Heru Purwanto
Copyright © ANTARA 2009