Humaniora kemarin, Jokowi hadiri Natal Nasional hingga omnibus law

Humaniora kemarin, Jokowi hadiri Natal Nasional hingga omnibus law

Presiden hadir dalam acara puncak Perayaan Natal Nasional di SICC, Bogor, Jumat malam (27/12/2019) (Hanni Sofia)

Jakarta (ANTARA) - Terdapat beragam berita humaniora kemarin (27/12) menyita perhatian para pembaca, diantaranya perayaan Natal Nasional yang dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga omnibus law dan wacana perubahan sistem upah kerja menjadi per jam.

Berikut sejumlah berita humaniora yang masih menarik untuk disimak pagi ini.

Ribuan umat Kristiani sambut Presiden di Perayaan Natal Nasional

Ribuan Umat Kristiani sangat antusias menyambut Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana yang hadir di Perayaan Natal Nasional 2019.

Perayaan Natal Nasional 2019 yang dipusatkan di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jumat, yang dihadiri sejumlah tokoh di antaranya Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri, para Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca beritanya: di sini

KSPI khawatirkan dampak "omnibus law" terhadap buruh

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mengkhawatirkan dampak omnibus law kluster ketenagakerjaan yang berkenaan dengan upah, pesangon, tenaga kerja asing, dan jaminan sosial terhadap nasib para buruh.

"Isi omnibus law tersebut sangat merugikan buruh. Antara lain pengurangan nilai pesangon, pembebasan TKA (tenaga kerja asing) buruh kasar, penggunaan outsourcing (alih daya) yang masif, jam kerja yang fleksibel, termasuk upah bulanan diubah menjadi upah per jam," kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam siaran pers konfederasi yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Penerapan sistem upah per jam, menurut Said Iqbal, bisa membuat buruh menerima upah bulanan di bawah nilai upah minimum.

Baca beritanya: di sini

11.573 gempa bumi guncang Indonesia sepanjang 2019

Total terjadi 11.573 kali aktivitas gempa bumi di Indonesia dalam berbagai magnitudo dan kedalaman selama 2019, menurut hasil pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Telah terjadi aktivitas gempa bumi sebanyak 11.573 kali dalam berbagai magnitudo dan kedalaman. Jika dibandingkan tahun 2018 dengan jumlah gempa sebanyak 11.920 maka aktivitas gempa selama 2019 mengalami sedikit penurunan jumlah," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam rilis yang diterima di Jakarta pada Jumat.

Simak beritanya: di sini

BMKG prakirakan hujan selama libur Tahun Baru 2020

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga deras turun di sebagian wilayah Indonesia selama masa libur Tahun Baru 2020.

"Curah hujan pada Januari-Maret 2020 ini tinggi, yang banyak terjadi di Sumatera, Jawa, kawasan Nusa Tenggara, Sulawesi, Papua," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers "Refleksi 2019 dan Kesiapsiagaan BMKG Tahun 2020" di Jakarta, Jumat.

Simak beritanya: di sini

Kemensos siapkan 306.139 kg beras reguler hadapi bencana musim hujan

Kementerian Sosial menyiapkan sebanyak 306.139 kilogram beras reguler untuk pemenuhan kebutuhan bagi korban dalam upaya penanggulangan bencana menghadapi musim penghujan.

"Selain beras reguler, juga disiapkan bufferstock (stok penyangga) yang ada di tiga gudang regional Kemensos yaitu di Palembang, Bekasi dan Makassar," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat yang dihubungi di Jakarta, Jumat.

Baca beritanya: di sini

Sekolah influencer pertama ASEAN dorong tokoh Indonesia mendunia

Global Influencer School sebagai sekolah pesohor berpengaruh (influencer) pertama di Asia Tenggara diluncurkan dengan tujuan mendorong munculnya tokoh menginspirasi dari Indonesia di kancah global yang memberikan manfaat sebesar-besarnya melalui sarana publikasi seperti media sosial.

"Setiap anak Indonesia adalah influencer global. Target kita di 2025, ada 500 orang Indonesia yang diidolakan warga dunia, jadi pembicaraan dan pemberitaan di berbagai belahan dunia," kata salah satu pendiri Global Influencer School Hariqo Satrio Wibowo dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Simak beritanya: di sini

62 bangunan tergenang air dan lumpur akibat banjir di Wasior

Sebanyak 62 bangunan tergenang air dan lumpur akibat banjir yang terjadi di Kecamatan Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo.

"Data terakhir pada Kamis (26/12) menyebutkan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, tetapi 62 bangunan tergenang air dan lumpur," kata Agus di Jakarta, Jumat, melalui layanan perpesanan.

Baca beritanya: di sini

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Arief Mujayatno
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Konsep pembangunan Ibu Kota Baru diminati berbagai negara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar