Jakarta (ANTARA) - Bulan madu Carlo Ancelotti sebagai manajer Everton berlanjut ketika mereka membawa pulang tiga poin dari Newcastle United setelah menang 2-1 di Stadion St. James' Park, Sabtu.

Dominic Calvert-Lewin kembali menjadi bintang kemenangan pasukan Ancelotti dengan mengemas dua gol setelah Newcastle sempat membalas melalui Fabian Schaar, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Kemenangan kedua dalam dua pertandingan bersama Ancelotti itu mengangkat lagi posisi Everton ke peringkat ke-10 klasemen dengan 25 poin dan menyalip Newcastle (25) yang melorot ke urutan ke-11 dalam perjalanannya.

Baca juga: Ancelotti menangi debut Everton dengan tundukkan Burnley 1-0

Newcastle sebetulnya mengawali laga dengan baik tetapi Everton mengambil alih kendali dan membuka keunggulan pada menit ke-13.

Berawal dari tendangan bebas Gylfi Sigurdsson, bola muntah yang dihadang barisan pertahanan Newcastle jatuh ke kaki Calvert-Lewin yang dengan dingin membenamkan bola ke pojok kiri bawah gawang.

Newcastle berusaha membalas dan memperoleh peluang pada menit ke-37 ketika Everton gagal menyapu sempurna bola sepak pojok. Bola berhasil direbut Isaac Hayden dan dikirimkan untuk diselesaikan Schaar, tetapi kiper Jordan Pickford sukses menepis bahaya yang datang.

Baca juga: Ancelotti janjikan Everton bakal main atraktif

Setelah unggul kala turun minum, Everton berusaha mengawali babak kedua dengan menguasai pertandingan, tetapi yang terjadi justru Newcastle menyamakan kedudukan pada menit ke-56 melalui Schaar.

Berawal dari tendangan bebas Jetro Willems, bola diteruskan dengan sundulan Andy Carroll di area tiang jauh sebelum disambar menjadi gol oleh Schaar.

Namun  Everton kembali mengambil kepemimpinan delapan menit berselang saat Richarlison mengirimkan umpan tarik ke muka gawang yang disontek sempurna oleh Calver-Lewin untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Baca juga: Brighton tutup 2019 dengan hentikan rentetan kekalahan

Newcastle berusaha bangkit lagi, tetapi Everton dengan tenang menjaga penguasaan bola sekaligus kedudukan hingga mengamankan kemenangan kala peluit tanda laga usai berbunyi.

Ujian sesungguhnya bagi kepelatihan Ancelotti akan dimulai pada tahun baru saat mereka bertandang ke Manchester City, sedangkan Newcastle akan menjamu Leicester City dalam laga lebih awal.

Susunan pemain:

Newcastle United (3-5-2): Martin Dubravka; Fabian Schaar, Federico Fernandez, Florian Lejeune (Christian Atsu); DeAndre Yedlin, Isaac Hayden, Jonjo Shelvey, Miguel Almiron, Jetro Willems (Sean Longstaff); Andy Carroll, Joelinton (Dwight Gayle)
Pelatih: Steve Bruce

Everton (4-4-2): Jordan Pickford; Djibril Sidibe, Michael Keane, Mason Holgate, Leighton Baines (Yerry Mina); Theo Walcott (Seamus Coleman), Tom Davies, Gylfi Sigurdsson, Richarlison; Dominic Calvert-Lewin, Moise Kean (Fabian Delph)
Pelatih: Carlo Ancelotti

Baca juga: Jadwal Liga Inggris: Liverpool dan euforia Wolverhampton di Anfield
Baca juga: Klasemen Liga Inggris setelah Man City terperosok di Wolverhampton

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019