Jakarta (ANTARA) - Bintang tenis Jepang Kei Nishikori, Senin, mengundurkan diri dari edisi perdana ATP Cup 2020, karena ia masih berjuang dengan cedera siku yang membuatnya absen sejak US Open.

Mantan petenis peringkat empat dunia, yang turun ke urutan 13 itu, mengatakan ia kecewa tidak mewakili negaranya di Perth pada event beregu yang dimulai 3 Januari itu.

"Hari ini, bersama dengan tim saya, kami telah mengambil keputusan ini karena saya masih belum 100 persen siap berkompetisi pada level tertinggi," katanya dalam satu pernyataan seperti dikutip AFP, Senin.

Baca juga: Nadal tiba di Australia untuk pimpin Spanyol di ATP Cup

Siku Nishikori membutuhkan operasi pada Oktober lalu dan belum jelas apakah ia akan fit untuk Australia Open ketika Grand Slam pertama dimulai di Melbourne Park pada 20 Januari 2020.

Yoshihito Nishioka akan menggantikan dia sebagai pemain peringkat teratas dalam tim ATP Cup Jepang.

Yasutaka Uchiyama juga menarik diri dari event tersebut awal pekan ini, dan Toshihide Matsui mengambil alih tempatnya.

Absennya Nishikori adalah pukulan berikutnya bagi event tersebut setelah petenis Britania Andy Murray mengundurkan diri pada akhir pekan lalu karena cedera panggul dan Roger Federer memilih tidak ambil bagian.

Kejuaraan beregu inovatif ini, digelar 3-12 Januari 2020, menawarkan hadiah uang 15 juta dolar dan maksimum 750 poin ranking ATP untuk tunggal dan 250 untuk ganda.

Sebanyak 24 negara akan terbagi dalam enam grup, dengan delapan tim yang keluar dari babak round-robin akan bertanding pada fase sistem gugur.

Sydney akan menjadi tuan rumah putaran final, bersama dengan pertandingan babak grup yang juga akan digelar di Brisbane dan Perth.

Baca juga: ATP Cup 2020, Djokovic main di Brisbane dan Nadal di Perth

 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019