Jakarta (ANTARA) - Berita-berita humaniora pada Jumat (2/1) masih banyak membahas soal bencana banjir, banjir bandang dan tanah longsor di berbagai wilayah di Indonesia.

Jumlah korban bencana banjir dan longsor di Jabodetabek bertambah menjadi perhatian pembaca, selain juga soal pelaksanaan Teknologi Modifikasi Cuaca yang dilakukan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama TNI Angkatan Udara guna mengurangi volume curah hujan di Jabodetabek.

Berikut berita-berita humaniora yang mendapat banyak perhatian pembaca:

BNPB: Korban banjir Jabodetabek-Jabar-Banten bertambah jadi 43 jiwa

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo mengatakan korban banjir Jabodetabek, Jawa Barat, dan Banten bertambah menjadi 43 jiwa.

"Korban bertambah menjadi 43 jiwa menurut data hingga Jumat, pukul 09.00 WIB. Korban terbanyak akibat terseret arus banjir dan tertimbun tanah longsor," kata dia dikutip dari portal resmi BNPB di Jakarta, Jumat.

Selengkapnya di sini.

Cegah banjir Jabodetabek, hari ini modifikasi cuaca mulai dilakukan

Badan Pengkajian dan Penetapan Teknologi bersama TNI akan melakukan empat sortie penerbangan operasi modifikasi cuaca sebagai upaya mencegah banjir di wilayah Jabodetabek.

Kapusdatinkom Badan Nasional Penanggulangan Bencana Agus Wibowo dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, mengatakan dua sortie penerbangan rencananya mulai dilakukan pada pukul 09.00 WIB, sedangkan dua sortie selanjutnya pukul 13.00 WIB.

Keputusan melakukan upaya pencegahan banjir lebih besar di wilayah Jabodetabek dengan Teknik Modifikasi Cuaca (TMC) diputuskan dalam Rakor Penanganan Banjir Jabodetabek di BNPB pada Kamis (2/1).

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Longsor di Bogor isolir 11 desa dan tiga orang hilang tertimbun tanah

Sebanyak 11 desa di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor terisolir akibat akses yang terputus karena longsor yang menimbun Desa Harkat Jaya dengan kedalaman longsoran mencapai 6 meter.

Humas Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor mengatakan di kawasan tersebut, tiga orang dikabarkan menjadi korban tertimbun longsoran. Saat ini, kata Joshua, pihaknya sedang melakukan pencarian terhadap korban tersebut.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Darurat bencana, Nadiem minta Pemda prioritas peserta didik

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim meminta Pemda memprioritaskan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dalam situasi darurat bencana.

Salah satunya dengan meliburkan kegiatan pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan apabila kegiatan belajar mengajar masih belum bisa dilaksanakan seperti semula.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020