Rekor tertinggi untuk saham lokal mengikuti rekor penutupan lainnya untuk Wall Street selama akhir pekan
Sydney (ANTARA) - Bursa saham Australia bergerak lebih tinggi pada Senin, memperpanjang reli untuk sesi kelima berturut-turut dengan mengakhiri sesi di rekor penutupan baru.

Pada penutupan perdagangan, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 15,40 poin atau 0,22 persen menjadi 7.079,50 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 16,00 poin atau 0,22 persen menjadi 7.196,30 poin.

"Rekor berjalan untuk pasar Aussie telah berlanjut ke minggu baru dengan ASX 200 sekarang memperluas keuntungannya ke sesi kelima berturut-turut," kata Analis pasar Commsec, James Tao kepada investor dalam laporan pasar sore.

"Rekor tertinggi untuk saham lokal mengikuti rekor penutupan lainnya untuk Wall Street selama akhir pekan."

"Keuntungan telah dipimpin oleh perbaikan untuk sektor material dan kesehatan."

Sebaliknya Tao mengatakan sektor consumer discretionary telah berkinerja terburuk dengan pengecer daring Kogan, merosot sebanyak 20 persen setelah merilis laporan bisnis terbaru yang mengecewakan.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan saham Commonwealth Bank turun 0,14 persen, Westpac Bank naik 0,36 persen, National Australia Bank naik 0,59 persen dan ANZ naik 0,28 persen.

Saham-saham pertambangan menguat dengan BHP naik 1,58 persen, Rio Tinto naik 0,90 persen, Fortescue Metals naik 3,68 persen dan penambang emas Newcrest naik 0,75 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas reli dengan Woodside Petroleum naik 0,73 persen, Santos naik 0,91 persen, namun Oil Search tidak berubah.

Jaringan supermarket terbesar di Australia juga meningkat dengan saham Coles Group naik tipis 0,06 persen dan Woolworths naik 0,51 persen.

Sementara saham raksasa telekomunikasi Telstra melemah 0,77 persen, operator penerbangan nasional Qantas jatuh 1,40 persen, dan perusahaan biomedis CSL menyelesaikan sesi menguat 1,12 persen.

Baca juga: Saham Australia dibuka menguat, terangkat kenaikan harga komoditas

Baca juga: Bursa saham Australia terus menguat di rekor tertinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020