Jakarta (ANTARA) - Perusahaan asuransi global Axa Group berkomitmen memberdayakan masyarakat Indonesia untuk menjalani kehidupan yang lebih baik melalui berbagai program perlindungan asuransi.

Chairman of Board Directors AXA Group Denis Duverne mengatakan, inisiatif program Axa Hearts In Action dilakukan setelah hujan lebat mengguyur ibu kota Jakarta dan kota-kota satelit di sekitarnya selama Malam Tahun Baru 2020 yang menyebabkan banjir di beberapa bagian kota, sejumlah rumah dan mobil terendam.

"Dalam bidang asuransi umum, Mandiri Axa General Insurance (MAGI) menawarkan solusi untuk melindungi aset, properti, dan kendaraan dari dampak perubahan iklim. AXA juga menawarkan asuransi parametrik untuk membantu para petani melindungi tanaman mereka dari kegagalan panen karena kondisi cuaca ekstrem yang didorong oleh perubahan iklim," ujar Denis, dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Klaim asuransi banjir di Jabodetabek capai Rp1,14 triliun

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Indonesia, bahwa intensitas curah hujan ekstrem pada Malam Tahun Baru hingga 377 mm per hari, level tertinggi selama satu dekade dalam sejarah. BMKG telah memperingatkan orang-orang untuk bersiap menghadapi kondisi cuaca ekstrem terkait perubahan iklim hingga bulan depan.

“Axa Mandiri dan Axa, sebagai bagian dari Axa Group, sangat tersentuh dan tergerak untuk membantu orang-orang yang terkena dampak, termasuk karyawan kami, dengan melakukan sesuatu yang berarti dan berdampak bagi mereka, ketika mereka menghadapi kesulitan,” kata Country CEO Axa Indonesia Julien Steimer.

Baca juga: Cara agar klaim mobil kebanjiran diterima asuransi

Julien mengatakan kondisi demikian telah mendorong AXA Indonesia untuk menjadi mitra masyarakat Indonesia dalam mengantisipasi risiko di masa depan, termasuk kesehatan masyarakat dan lingkungan yang tidak dapat dipisahkan dari perubahan iklim.

Di sektor asuransi jiwa, PT AXA Mandiri Financial Services (AMFS) dan AXA Financial Indonesia (AFI), menyediakan ragam solusi asuransi kesehatan dan jiwa termasuk Asuransi Penyakit Tropis, yang bermanfaat untuk melindungi masyarakat dari penyakit akibat banjir seperti demam berdarah, dan asuransi Penyakit Kritis dari tahap awal hingga tahap akhir dan asuransi kesehatan dengan cakupan komprehensif.

Selain solusi asuransi, AXA berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjalani gaya hidup yang lebih sehat dan menerapkan manajemen perencanaan keuangan yang tepat melalui program literasi keuangan berkelanjutan.

Baca juga: Petani miskin yang puso akibat banjir di Jateng bakal dapat asuransi

Baca juga: AAUI: Nasabah mulai ajukan klaim asuransi terdampak banjir

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2020