Surabaya (ANTARA) - Pemain asing Persebaya, Makan Konate dan David Da Silva menjalani latihan perdana bersama tim di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

"Keduanya sudah bergabung dan sangat menikmati latihan perdana mereka," ujar asisten pelatih Persebaya Mustaqim kepada wartawan setelah memimpin latihan.

Namun, kata dia, materi latihan yang diberikan ke Konate dan Silva berbeda dengan rekan-rekannya mengingat kondisi fisik yang baru tiba dari masing-masing negaranya.

"Mereka butuh adaptasi. Ada beberapa materi latihan yang berbeda, tapi keduanya menunjukkan sikap profesional dan sangat menikmati latihan," ucapnya.

Dengan bergabungnya pemain asal Mali dan Brasil tersebut maka kuota asing "Bajul Ijo" sudah lengkap setelah Mahmoud Eid asal Swedia berdarah Palestina serta Aryn Williams asal Australia bergabung sejak beberapa waktu lalu.

Baca juga: Persebaya Surabaya kontrak Makan Konate satu tahun
Baca juga: Persebaya Surabaya perkenalkan rekrutan baru Makan Konate


Jaga kondisi fisik

Mustaqim yang musim lalu menjabat asisten Pelatih Persija Jakarta tersebut meminta semua pemain menjaga kondisi fisik, terlebih akhir pekan ini bermain melawan Sabah FA di uji coba internasional.

Baca juga: Persebaya kontrak Mustaqim sebagai asisten pelatih

Laga sekaligus peluncuran tim tersebut digelar pada Sabtu, 7 Februari 2020 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Selang dua hari kemudian, 10 Februari, kembali Persebaya dijadwalkan bermain melawan Persik Kediri di pertandingan perdana Piala Gubernur Jatim di Stadion Gelora Bangkalan, Madura.

Pemulihan cedera 

Sementara itu, di lapangan juga tampak gelandang Oktafianus Fernando yang sedang dalam tahap pemulihan akibat cedera.

Menurut Mustaqim, pemain yang sejak Liga 2 lalu membela Persebaya itu dipastikan absen melawan Sabah FA karena tak ingin mengambil risiko, terlebih Liga 1 sudah bergulir akhir bulan ini.

"Dia (Oktafianus) masih belum 100 persen. Saya tak akan memaksakan pemain yang masih tahap pemulihan agar bisa kembali ke lapangan saat Liga 1 bergulir," tuturnya.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020