Jakarta (ANTARA) - Pelatih Barito Putera Rahmad Darmawan meminta anak-anak asuhnya untuk menyiapkan mentalnya ketika menghadapi Persebaya Surabaya pada pekan ke-2 Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (8/7).

Dikutip dari laman resmi Liga Indonesia, Kamis, pelatih yang kerap disapa RD itu mengatakan aspek mental perlu dipersiapkan dengan baik karena Rizky Pora serta kolega akan bermain di hadapan banyak pendukung fanatik Persebaya Surabaya.

"Persebaya akan bermain di depan pendukungnya yang luar biasa fanatik. Itu pasti mempengaruhi motivasi dan semangat pemain Persebaya itu sendiri. Tentu dibutuhkan tidak hanya kualitas, tapi mentalitas juga. Mentalitas ini yang saya harap pemain siap," ungkap RD.

Baca juga: Rahmad Darmawan terus benahi kondisi fisik pemain Barito Putera

Soal persiapan teknis, mantan pelatih Rans Nusantara FC itu mengatakan skuad Barito Putera telah menjalani pemulihan pasca menghadapi Persita Tangerang akhir pekan lalu.

Selain itu, ia terus mencoba sejumlah pemain lain yang sebelumnya tidak bermain, salah satunya Makan Konate, yang belum bisa turun karena registrasi belum tuntas.

"Memang di dalam registrasi yang sudah kita buat dan daftarkan, Konate ada satu persyaratan yang belum dilengkapi jadi absen di laga perdana sementara ini," jelas RD.

"Kebetulan kemarin waktu dia datang dikejar dengan libur hari nasional yang beruntun jadi semua kantor pemerintah imigrasi tutup," sambung dia.

Pelatih kelahiran Lampung itu juga menambahkan, dirinya masih belum bisa menurunkan penyerang Eksel Runtukahu karena masih membutuhkan waktu pemulihan pasca operasi di bagi jari kaki.

"Eksel ada infeksi di ujung jempolnya, jadi kemarin operasi. Ia membutuhkan waktu untuk kembali, karena sekarang hanya bisa memakai sandal saja," pungkasnya.

Baca juga: Barito Putera bangun kebugaran fisik ketika jalani pemusatan latihan
Baca juga: Barito Putera matangkan persiapan tim di Yogyakarta

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023