Review - "Earphone" Oase KT11, TWS murah berbaterai tahan lama

Review - "Earphone" Oase KT11, TWS murah berbaterai tahan lama

Earphone jenis true wireless stereo (TWS) Oase KT11 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Earphone alias pelantang telinga nirkabel berjenis True Wireless Stereo (benar-benar tanpa kabel), saat ini sedang digandrungi anak-anak muda, terutama karena tidak perlu dipersulit kabel yang terlilit.

Earphone berjenis TWS ini biasanya dilengkapi dengan panel sentuh untuk mengoperasikannya. Oase, perusahaan asal China yang menjadi distributor resmi untuk aksesoris ponsel OPPO, turut memasukkan earphone TWS mereka bernama KT11 di Indonesia.

Baca juga: Xiaomi luncurkan wireless earbuds seharga Rp299 ribu

Antara berkesempatan mencoba earphone ini selama beberapa minggu, berikut ini plus-minus yang dirasakan saat memakai Oase TWS KT11.

Kotak penyimpanan
Perangkat TWS selalu dikemas dalam kotak penyimpanan, untuk mempermudah penyimpanan gawai yang ukurannya lebih kecil dari ibu jari ini. Kotak penyimpanan KT11 nyaman dipegang berkat desain berupa lengkungan di setiap sisinya.

Nilai plus bagi Oase KT11, kotak ini dibuka secara mendatar, bukan vertikal seperti desain AirPods dari Apple sehingga masing-masing unit sangat mudah diambil.
Earphone jenis true wireless stereo (TWS) Oase KT11 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Pengguna tidak akan keliru meletakkan unit kanan dan kiri karena di dalam kotak, terdapat cetakan untuk meletakkan masing-masing unit.

Kotak penyimpanan ini juga berfungsi sebagai pengisi daya, charger, Oase memberikan lampu LED berwarna hijau dengan empat bar untuk mengindikasikan jumlah daya baterai yang tersedia.

Baca juga: Menjajal Samsung Galaxy Buds

Desain
Masing-masing earphone kanan dan kiri Oase KT11 memiliki panel sentuh, touch pad, yang dilengkapi dengan lampu LED. Lampu ini tidak terus menyala atau berkedip-kedip ketika digunakan, hanya saat panel disentuh untuk menyala-matikan earphone.

Untuk memasangkan Oase KT11 dengan ponsel, aktifkan Bluetooth ponsel dan sentuh salah satu earphone selama tiga detik atau sampai mendengar suara "power on". Saat pemakaian pertama kali, sambungkan ponsel dengan earphone dengan cara pairing.

Untuk pemakaian kedua dan seterusnya, cukup aktifkan Bluetooth ponsel dan nyalakan Oase KT11, dalam beberapa detik earphone akan tersambung ke perangkat ponsel.
 
Earphone jenis true wireless stereo (TWS) Oase KT11 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Earphone ini nyaman ditempelkan ke telinga tanpa harus merasa khawatir akan terjatuh ketika dipakai di tempat umum atau sedang berjalan. Earphone pun tidak membuat kulit di sekitar lubang telinga perih akibat gesekan, meskipun masing-masing unit tidak ada karet pelindung.

Kemudahan mengoperasikan
Seperti sudah disebutkan sebelumnya, untuk menggunakan earphone ini, sentuh panel yang ada di masing-masing earphone, misalnya tekan tiga detik untuk menyalakan atau mematikan.

Ketika sedang mendengarkan musik, sentuh salah satu earphone satu kali untuk mematikan dan sentuh sekali lagi untuk kembali meneruskan lagu yang sedang diputar.

Pengguna yang belum terbiasa mungkin akan sedikit kesulitan karena perbedaan durasi menekan panel maka akan berbeda fungsi yang dihasilkan. Misalnya, menyentuh selama satu detik, lagu yang sedang diputar akan mati. Tapi, jika menyentuh panel sedikit lebih lama, akan terputar lagu berikutnya.

Selain itu, beberapa kali Antara harus menyentuh masing-masing unit kanan dan kiri untuk menyalakan earphone, namun, beberapa kali juga hanya cukup menyentuh salah satu earphone, kedua unit otomatis menyala.

Sementara untuk mengetahui berapa banyak baterai yang tersedia, pengguna bisa melihatnya di layar ponsel, tanpa perlu memasang aplikasi khusus untuk Oase KT11.

Pengalaman Antara, beda merk ponsel, belum tentu tersedia informasi jumlah baterai di layar.
Earphone jenis true wireless stereo (TWS) Oase KT11 (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Performa
Kotak penyimpanan earphone Oase KT11 memiliki daya 300mAh, dapat digunakan untuk mengisi daya mulai dari 5 hingga 8 kali, tergantung pemakaian.

Setiap earphone disimpan di kotak, secara otomatis ia akan terisi daya. Diperlukan sekitar 1 jam untuk mengisi ulang kotak dari 0 hingga baterai terisi penuh.

Sementara untuk earphone, perangkat ini bisa digunakan lebih dari 1,5 jam berturut-turut dari kondisi penuh 100 persen hingga akhirnya muncul suara notifikasi baterai lemah. Sekitar 5 menit berselang dari notifikasi baterai, earphone otomatis mati karena kehabisan daya.

Beberapa kali unit sebelah kiri Oase KT11 mendadak mati ketika sedang digunakan, meski pun notifikasi baterai di layar ponsel masih menunjukkan dalam kondisi 100 persen.

Jika seperti ini, matikan earphone dan simpan di kotak sekitar 3 menit, kemudian earphone dapat digunakan seperti biasa.

Dari segi suara, audio yang dihasilkan tergolong lumayan, namun, bagi penyuka output bass, mungkin kurang terpuaskan dengan earphone ini.

Dengan harga jual Rp280.000, Oase KT11 bisa menjadi pilihan jika baru ingin beralih dari earphone kabel ke nirkabel.


Baca juga: Kapan harus bersihkan pelantang telinga agar tak jadi sarang kuman?

Baca juga: Louis Vuitton luncurkan "earbuds" lebih mahal dari iPhone

Baca juga: Bocoran Realme Buds Air

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Batas aman volume mendengarkan musik pakai headset adalah 60%

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar