Jakarta (ANTARA) - Earphone  atau pelantang telinga nirkabel menjadi sebuah kebutuhan di tengah beredarnya gawai yang kini tak dilengkapi dengan jack headphone.
​​​​​
Ada banyak pertimbangan dalam memilih sebuah earphone nirkabel. Bila Anda menginginkan kualitas suara yang mumpuni, JBL Live Pro+ TWS patut untuk dicoba. Perangkat true wireless stereo (TWS) ini membuat musik klasik, pop, rock sampai hip hop terdengar semakin mantap.

Tersedia dalam empat pilihan warna, casing pengisian daya earphone dengan berat 49,5 gram ini berbentuk kotak ringkas yang mudah dibuka dengan satu tangan. Di bagian depannya terdapat tiga indikator lampu yang menyala sesuai dengan kapasitas baterai. Kotaknya terbuat dari plastik, tapi terkesan lebih kokoh dan tidak murahan.

Baca juga: Ragam kelebihan menggunakan perangkat audio TWS

Dalam kotak earphone, konsumen juga mendapatkan kabel pengisian daya USB Type-C dan lima karet tambahan alias eartip dengan ukuran berbeda yang nantinya bisa disesuaikan dengan telinga masing-masing. Untuk mengetahui apakah eartip yang dipakai sudah cocok, konsumen bisa mengunduh aplikasi JBL dan mengikuti tutorial yang ada saat mencocokkan earphone di telinga. Nantinya pengguna akan diminta untuk mencoba eartip yang berbeda, kemudian aplikasi akan menunjukkan apakah ukuran sudah pas dengan telinga Anda.

Setiap earbud memiliki berat 10 gram dengan bentuk stick closed, di mana bagian ujung telinga dilapisi silikon, punya cangkang dan gagang pendek agar tak mudah copot saat dipakai. Silikon pada ujung eartip menyegel lubang telinga secara penuh, meredam kebisingan dari luar.
JBL Live Pro+ TWS (ANTARA)


Tak sulit memasangkan perangkat ini ke gawai. Proses koneksi berlangsung secara cepat baik ke gawai android, iOS, maupun laptop. Hanya saja, jika sudah otomatis terhubung dengan satu gawai, Anda harus mematikan dulu koneksi dengan gawai tersebut bila ingin memasangkannya dengan gawai lain.

Jika ingin berkonsentrasi hanya mendengarkan lagu kesukaan Anda, cukup nyalakan fitur peredam kebisingan aktif. Suara-suara di luar otomatis teredam dan apa yang terdengar hanyalah alunan musik. Tersedia pilihan Everyday Mode di mana kebisingan sehari-hari akan tertutupi, ada juga fitur khusus Travel Mode yang mengurangi kebisingan saat berkendara menaiki pesawat dan kereta.

Nikmati setiap unsur musik dengan kualitas earphone yang mumpuni, terutama dentaman bass yang tak tanggung-tanggung.

Dengan mengaktifkan fitur smart ambient, Anda bisa otomatis mendengar dunia sekitar tanpa harus melepas earbud. Fitur ini berguna salah satunya ketika mengendarai angkutan umum seperti bis atau kereta, musik favorit bisa tetap diputar tapi di sisi lain pengumuman penting yang terdengar di gerbong atau bis takkan terlewatkan.
JBL Live Pro+ TWS (ANTARA)


Anda juga bisa tetap mengobrol dengan orang-orang meski telinga tertutup dengan earbud ini dengan memilih opsi TalkThru di aplikasi JBL. Dengan mengaktifkan opsi ini, musik hanya terdengar pelan seperti lagu latar di telinga.

Sentuhan di gagang earbud bisa mengaktifkan fitur seperti menghentikan musik sementara atau memilih lagu berikutnya. Proses mendengarkan lagu jadi lebih praktis karena musik otomatis mati sejenak ketika earbud dicopot, kemudian berlanjut lagi saat earbud dipasang.

Fitur auto play dan auto pause ini membuat pengalaman mendengarkan musik jadi lebih menyenangkan. Ketika harus buru-buru mencopot earbud dan memasukkannya ke dalam casing, musik otomatis berlanjut saat earbud sudah diposisikan ke lubang telinga.

Earbud ini juga cukup baik ketika dipakai untuk panggilan audio dan video dengan kualitas suara yang oke.

Waktu pengisian daya dari 0 persen menjadi penuh membutuhkan waktu dua jam. Untuk pengisian daya nirkabel, durasi yang dibutuhkan adalah tiga jam. Baterai earphone ini diklaim bisa dipakai nonstop selama 6-7 jam.

Namun, sejauh pengalaman selama pemakaian, tak ada kendala soal baterai untuk penggunaan sehari-hari karena selalu ada jeda untuk menaruh earphone ke dalam casing yang otomatis mengisi kembali daya. Untuk mengetahui sisa baterai pada perangkat, Anda bisa melihat langsung lewat aplikasi JBL.

Earphone nirkabel ini nyaman untuk dipakai dalam aktivitas sehari-hari, baik dalam keadaan santai atau aktif bergerak. Earbud tetap terasa mantap menempel di telinga meski tengah berolahraga seperti jogging. Earphone nirkabel ini membuktikan bahwa kualitas memang sejalan dengan harga.

JBL Live Pro+ TWS dijual dengan harga Rp3.299.000.

Baca juga: Rekomendasi earphone untuk mendengarkan musik

Baca juga: Kenali empat tipe "earphone" sebelum membeli

Baca juga: imoo luncurkan "ear care headset" untuk anak-anak

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022