Jakarta (ANTARA) - Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman menyampaikan Presiden Joko Widodo secara serius menerapkan kebijakan pengelolaan wilayah yang baik untuk mewujudkan keamanan lingkungan.

Fadjroel mengatakan keseriusan Presiden itu tercermin salah satunya dari upaya Presiden dan jajaran pemerintahan dalam revitalisasi lahan kritis di Dam Kali Putih, Magelang, Jumat.

Baca juga: Presiden minta seluruh pihak antisipasi karhutla

Baca juga: Presiden khawatir pergantian pejabat pengaruhi penanganan karhutla

Baca juga: Pejabat TNI/Polri dicopot jika ada karhutla, sebut Presiden Jokowi


"Keamanan lingkungan merupakan kondisi alam yang optimal melalui upaya merawat dan memperbaiki tumbuhan atau hutan, aliran sungai dan ekosistem agar berfungsi positif bagi keberlangsungan hidup masyarakat," ujar Fadjroel dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Fadjroel mengatakan atas dasar itu Presiden Joko Widodo terus mengarahkan kebijakan pada upaya merawat dan memperbaiki lingkungan secara nasional.

"Ketika keamanan lingkungan terwujud, upaya pencegahan bencana alam bisa lebih berjalan efektif. Mari bergandengan mewujudkan keamanan lingkungan bersama, demi Indonesia Maju," terangnya.

Sebelumnya Fadjroel menginformasikan Presiden Joko Widodo meninjau upaya revitalisasi lahan kritis di sekitar Sabo Dam Kali Putih, Magelang, dalam agenda kunjungan kerja ke Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat.

Fadjroel mengatakan Presiden tiba di lokasi peninjauan pukul 10.00 WIB, dalam rangka kepedulian terhadap lingkungan.

Baca juga: Indonesia dapat apresiasi karena bantu penanganan karhutla Australia

Baca juga: Presiden Jokowi diharapkan reformasi manajemen pencegahan karhutla

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020