Jakarta (ANTARA) - Triatlet Andy Wibowo secara resmi ditunjuk sebagai duta Ironman 70.3 Lombok 2020 Indonesia dan langsung memberikan komentarnya terkait ajang triathlon yang akan digelar pada 4 Juli di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Andy menilai Lombok menjadi lokasi yang ideal untuk gelaran kelas dunia seperti Ironman dan kompetisi ini akan memberi tantangan baru bagi para penggemar triathlon.

Baca juga: Super League Triathlon Bali digelar April

"Pertama tentu bangga menjadi duta Ironman 70.3 Lombok. Kedua, Lombok tempat yang ideal sebagai tuan rumah. Saya sudah beberapa kali berlatih di Lombok dan sangat menyukai lintasan yang akan dipakai," kata Andy melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kegiatan tersebut akan dimulai dan berakhir di Holiday Resort Lombok, diawali dengan renang sejauh 1,9km (1,2 mil), dilanjutkan dengan menempuh satu putaran bersepeda dengan jarak 90,1km (56 mil), terakhir atlet melakukan transisi ke lintasan lari 21,1km (13,1 mil) dalam dua putaran.

Selama menyelesaikan ketiga etape itu, para peserta akan dimanjakan dengan panorama pesisir kawasan Senggigi dan Laut Bali, hingga pemandangan sekitar Gunung Rinjani yang terkenal.

Baca juga: Indonesia Triathlon Series bakal dorong industri pariwisata olahraga

Dengan jarak tempuh mencapai 113 kilometer atau 70,3 mil, Andy yakin Ironman 70.3 Lombok akan memberikan tantangan baru bagi para peserta Triathlon yang semakin bertambah peminatnya.

"Sekarang banyak pelari dan pesepeda yang mulai tertantang untuk mencoba olahraga ini. Bahkan, komunitas triathlon mulai bermunculan di kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Malang, dan Bandung. Tapi saya berharap ini tidak hanya menjadi sebuah tren saja," kata Andy.

Bahkan, lanjutnya, saat ini banyak atlet muda yang mulai menekuni olahraga ini dan itu langkah yang sangat bagus karena dalam usia yang muda mereka bisa mendalami tiga cabang olahraga, renang, sepeda, dan lari dengan lebih merata, sehingga mereka punya potensi untuk menjadi triatlet yang lebih solid.

Baca juga: Triathlon Ironman Lombok ajang pembuktian penyelenggara lokal

Baca juga: Perburuan poin Indonesia Triathlon Series 2020 dimulai dari Palembang


Lomba triathlon Ironman 70.3 Lombok menawarkan 60 slot kualifikasi untuk kelompok usia untuk Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 2020 yang berlangsung di Taupo, Selandia Baru pada 28-29 November 2020.

Selain kategori individu, Ironman 70.3 Lombok juga menyediakan kategori tim estafet untuk memberi kesempatan pada para pemula yang ingin menjadi bagian dari lomba triathlon ini.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020