Dinkes DKI pastikan tak ada warga Jakarta terkena corona

Dinkes DKI pastikan tak ada warga Jakarta terkena corona

Landing Craft Utility (LCU) KRI dr Soeharso mengangkut 188 WNI ABK World Dream untuk diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat (28/2/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta memastikan tidak ada warganya yang terjangkit virus corona seperti informasi tersebar melalui media sosial sejak Jumat malam.

"Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyatakan bahwa hasil tes laboratorium menunjukkan bahwa tidak ada pasien penderita COVID-19 di DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Pemyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Octavia dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Baca juga: Wisatawan Kepulauan Seribu bekali diri dengan masker

Informasi tersebar melalui media sosial akibat pemberitaan yang tidak benar itu memang berasal Dinas Kesehatan DKI Jakarta dalam paparannya mengenai dugaan pasien dengan ciri-ciri terjangkit corona.

"Slide yang dimaksudkan dengan kasus COVID-19 adalah menunjukkan pasien dengan dugaan awal COVID-19 karena memiliki gejala dan riwayat perjalanan dari negara terjangkit," ujar Dwi.

Lebih lanjut, Dwi menjelaskan dalam pemeriksaan sampel yang dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan RI untuk kawasan DKI memiliki hasil negatif untuk COVID-19.

Baca juga: Kunjungan wisatawan menurun diduga observasi Covid-19 Pulau Sebaru

Meski demikian, saat ini sebanyak 115 orang dalam pemantauan dan 32 orang pasien dalam pengawasan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

"Orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE), tersebar di 5 wilayah kota di DKI Jakarta dan luar DKI Jakarta," ungkap Dwi.

Dokter yang ahli dalam bidang epidemologi itu pun menuturkan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dalam kegiatan pemantauan dan pengawasan tersebut.

Baca juga: Warga Kepulauan Seribu butuh posko informasi kesehatan Covid-19

Ia pun meminta masyarakat ikut ambil bagian jika menginginkan informasi lebih lanuut terkait COVID 19 dengan menghubungi Call Center Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Dinkes Kalbar minta masyarakat jangan remehkan COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar