Bandung (ANTARA News) - Kolaborasi unik antara Grup band Ungu dengan musisi Amerika Latin Chalwanka, berhasil "membius" ratusan penggemar musik di Bandung.

Penampilan Ungu dan Chalwanka, yang digelar di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Minggu malam, merupakan kolaborasi pertama yang dilakukan oleh Ungu dengan musisi dari Amerika Latin.

Dalam penampilannya, Ungu yang digawangi lima personelnya yaitu Pasha, Makki, Enda, Onci, dan Rowman, tampil apik berkolaborasi dengan dua personel Chalwanka yaitu Pacha (Vokalis) dan Lucho (Gitaris).

Dua grup berlain jenis musik dan generasi tersebut, membawakan dua lagu andalan yakni "Surgaku" dan "Kekasih Gelap", yang sukses dibawakan dengan irama Latin.

Meskipun hanya berkolaborasi dua lagu dengan Chalwanka, namun perpaduan gitar akustik yang dibawakan oleh sang gitaris Chalwanka, Lucho membuat lagu-lagu Ungu semakin menonjol kesyahduannya.

Menurut sang vokalis Ungu, Pasha, kolaborasi dirinya dengan Chalwanka membawa nuansa baru dalam musik Ungu.

Ia mengatakakn, kolaborasi Ungu dengan Chalwanka menyuguhkan musik dengan nuansa berbeda, yakni perpaduan musik pop Indonesia dengan warna musik Latin dari Chawlwanka.

"Selama ini, kami memang telah melakukan eksperimen musik dengan alat lain seperti seruling dan harmonika. Tetapi baru kali ini, kolaborasi ini dikonsumsi publik," kata Pasha.

Lebih lanjut dia mengatakan, kolaborasi tersebut dijamin akan menghasilkan harmonisasi musik yang sangat unik dan berbeda.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009