Athena (ANTARA News/PNA-OANA/RIA Novosti) - Dua orang berkebangsaan Rusia yang berada di kapal Yunani dan Norwegia ditangkap oleh para perompak di lepas pantai Somalia, kata kementerian Kelautan Yunani dan Perhimpunan Pengusaha Kapal Norwegia di sini Kamis.

Kapal Nipayia ditangkap oleh perompak sekitar 720 kilometer di lepas pantai Somalia, Rabu.

Seorang juru bicara kementerian kelautan Yunani mengatakan, para awak kapal itu terdiri atas seorang berkebangsaan Rusia dan 18 Filipina.

Sementara itu kapal tanker milik Norwegia, Bow Air, juga ditangkap perompak di 400 kilometer lepas pantai Somalia, Kamis pagi.

Seorang juru bicara Perhimpunan Pengusaha Kapal Norwegia mengatakan, kapten kapal tersebut berkebangsaan Rusia. Total 27 orang berada di atas kapal tersebut.

Sekitar 20 kapal perang dari berbagai angkatan laut, dari sedikitnya selusin negara, terlibat dalam operasi anti perompakan di lepas pantai Somalia, yang semakin dilanda perang sipil beberapa tahun belakangan ini.

Menurut Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), para perompak Somalia melakukan sedikitnya 120 serangan terhadap kapal-kapal pada tahun 2008, dan menghasilkan pembayaran uang tebusan sekitar 150 juta dolar AS.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009