Kami siap membantu perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air
Jakarta (ANTARA) - Universitas Terbuka (UT) siap membantu perguruan tinggi lainnya dalam menyelenggarakan pembelajaran dalam jaringan (daring) selama terjadinya pandemi COVID-19 di Tanah Air.

"Kami siap membantu perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air dengan memanfaatkan Learning Management System Universitas Terbuka (LMS UT)," ujar Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan UT, Dr Sri Sediyaningsih MSi, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

UT merupakan perguruan tinggi negeri yang berpengalaman selama lebih dari 35 tahun dalam mengelola pembelajaran daring.

Dia menambahkan LMS UT dikelola oleh staf TIK yang berpengalaman dan memiliki komitmen yang tinggi, dan menjadi tulang punggung Universitas Terbuka dalam menyediakan layanan pembelajaran daring lebih dari 15 tahun.

Baca juga: Pemerintah dorong perguruan tinggi selenggarakan kuliah daring

Fitur-fitur yang tersedia dalam LMS UT dikembangkan secara seksama agar ramah pengguna berupa pengelolaan hak akses pengguna, bahan ajar, aktivitas, nilai dan visualisasi pembelajaran daring.

Pembelajaran daring UT dapat menjadi acuan praktik baik. Hal itu dikarenakan tidak semua perguruan tinggi memiliki pengalaman dan infrastruktur LMS.

"Untuk itu kami menawarkan bantuan teknis kepada perguruan tinggi yang ingin membutuhkan bantuan. UT siap bersinergi dengan perguruan tinggi lain juga mengikuti imbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19," tambah dia.

LMS UT dapat diakses melalui http://lms.ut.ac.id. UT menyediakan platform LMS selama satu semester, mulai tanggal 23 Maret 2020 sampai dengan akhir semester genap 2020.

Untuk mitra UT yang ingin bekerja sama, dapat dilakukan dengan mengirimkan surat permohonan kepada Rektor Universitas Terbuka melalui email layanan-lmsut@ecampus.ut.ac.id.

Baca juga: Irjen Kemendikbud minta kampus perkuat satuan pengawas internal

Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020