"Kampanye baik" hadapi corona dari Ernest hingga Project Pop

"Kampanye baik" hadapi corona dari Ernest hingga Project Pop

Ernest Prakasa (ANTARA/Galuh Pradhita)

Jakarta (ANTARA) - Pandemi virus corona baru (COVID-19) menimbulkan banyak terobosan dan seruan positif dari masyarakat, tak terkecuali figur publik dan selebritas menyusul imbauan beraktivitas dari rumah hingga menjaga jarak fisik (physical distancing).

Mulai dari komedian dan sineas Ernest Prakasa, hingga penyanyi rap Saykoji, berikut beberapa figur publik yang membuat "kampanye kebaikan" kecil di tengah pandemi di Indonesia.

Ashanty

Penyanyi Ashanty menawarkan bantuan untuk mempromosikan produk jualan pengusaha rumahan secara gratis di Instagramnya, mulai dari makanan hingga pakaian.

Syarat yang harus dipenuhi oleh para pengusaha rumahan itu adalah harus memiliki akun Instagram. Nantinya, Ashanty akan mengulas produk yang cocok untuknya dan sesuai dengan seleranya.

Baca juga: Anang-Ashanty buka bisnis kuliner di Purwokerto

Baca juga: Ernest Prakasa lebih nyaman di balik layar daripada jadi aktor


Ernest Prakasa

Hal yang hampir serupa juga dilakukan oleh Ernest Prakasa. Ia mengajak para pemilik usaha kuliner di Jakarta mengirimkan foto-foto menu andalan mereka ke alamat email-nya.

Sutradara "Imperfect" itu juga memprioritaskan usaha kuliner yang telah terhubung dengan layanan ojek online, sehingga para mitra ojol dapat terus bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Arief Muhammad

Youtuber Arief Muhammad menyalurkan dana untuk antisipasi virus corona, meliputi 1.000 alat perlindungan diri (APD) untuk tenaga medis untuk disalurkan ke 20 rumah sakit rujukan di dalam maupun luar Jakarta.

Melalui donasi di laman Kitabisa.com per Jumat (27/3), dana yang telah terkumpul sebesar Rp2,68 miliar.

Tak hanya APD, Arief Muhammad juga memberi penyaluran secara bertahap seperti 1.300 paket makanan, 50 bilik disinfektan, 10 alat cuci tangan dan 1.000 paket sembako.

Saykoji

Penyanyi rap (rapper) Indonesia, Saykoji membuat dan mengunggah lagu pendek yang ia tulis "#dirumahaja - but be kind and help others" melalui platform media sosialnya beberapa waktu lalu.

Dalam lagu itu, rapper yang identik dengan kacamatanya tersebut mengajak para pendengarnya untuk terus berbuat baik di tengah pandemi dengan cara sederhana, seperti beraktivitas di rumah untuk memutus penyebaran wabah.

Project Pop

Grup vokal Project Pop baru-baru ini merilis lagu berjudul "Gara-gara Corona" dengan lirik yang jenaka khas grup yang saat ini digawangi Tika, Yosi, Udjo, Odie, dan Gugum itu.

"Gara-gara Corona" sendiri merupakan lagu parodi dari lagu mereka, "Gara-gara Kahitna" yang dirilis beberapa tahun lalu.

Lagu parodinya kali ini bercerita tentang keresahan masyarakat menghadapi virus corona, hingga edukasi agar tak tertular virus tersebut, mulai dari cuci tangan dan lain sebagainya.

Baca juga: Nikita Mirzani dan Rachel Vennya galang dana lawan corona

Baca juga: Pandemi corona, Kamidia Radisti ekstra ketat pada masalah kesehatan

Baca juga: Kamidia Radisti sempat kesulitan beri pengertian anak soal corona


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Yosi Project Pop ajak masyarakat tabayyun media sosial

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar