Olimpiade

Laszlo Cseh terpaksa tunda pensiun akibat Olimpiade ditunda

Laszlo Cseh terpaksa tunda pensiun akibat Olimpiade ditunda

Perenang Hungaria Laszlo Cseh pada Olimpiade Rio 2016. (REUTERS/Marcos Brindicci)

Saya tadinya mengira 2020 akan menjadi tahun terakhir saya bersama Olimpiade, tapi kemudian terjadi sesuatu, dan pandemi kian kuat saja
Jakarta (ANTARA) - Perenang Hungaria Laszlo Cseh terus berusaha mewujudkan impiannya mengakhiri karir dengan emas Olimpiade pada Olimpiade yang menjadi Olimpiade kelimanya di Tokyo tahun depan padahal tadinya dia sudah bersiap melakukannya tahun ini.

Mengingat Olimpiade Tokyo dimundurkan satu tahun gara-gara pandemi virus corona maka dia harus menundanya satu tahun lagi.

Selama karirnya yang panjang Cseh sudah memenangi hampir semua nomor, kecuali medali emas, dengan memperoleh empat medali perak dan dua medali perunggu perseorangan dalam empat Olimpiade berbeda.

Baca juga: Perenang desak AS lobi penundaan Olimpiade

Mantan juar dunia dan Eropa itu bersumpah ingin mengakhiri karir panjangnya di Tokyo pada Juli namun kini setelah terkarantina di rumahnya dekat Budapest, dia mesti menunda impiannya itu.

Ini bukan satu-satunya waktu yang tidak berpihak kepadanya karena saat dia berada di puncak karirnya pada waktu bersamaan muncul perenang legendaris Amerika Serikat Michael Phelps.

Pada Olimpiade 2008 di Beijing Cseh mencatat tiga rekor Eropa dalam tiga final tapi semuanya harus puas menduduki urutan kedua di belakang Phelps yang menciptakan rekor dunia pada ketiga nomor saat merebut delapan medali emasnya.

Baca juga: Olimpiade Tokyo ditunda, FINA jadwal ulang Kejuaraan Dunia Akuatik

Phelps kembali mendominasi Olimpiade 2012 dan 2016. Di Rio, Cseh seri melawan Phelps pada 100m gaya kupu-kupu, namun medali emas malah digondol perenang Singapura Joseph Schooling.

Cseh menginginkan kesempatan terakhir mendapatkan medali emas.

"Saya tadinya mengira 2020 akan menjadi tahun terakhir saya bersama Olimpiade, tapi kemudian terjadi sesuatu, dan pandemi kian kuat saja," kata dia kepada Reuters. "Saya harus terus maju, mulai berlatih dan berenang secepatnya."

Baca juga: Mundur setahun, IOC tetap pakai nama Olimpiade 2020 Tokyo

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menpora sebut kesehatan atlet dan pelatih yang utama

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar