Manado (ANTARA News) - Indonesia dan China sepakat mendirikan sebuah organisasi bersama bernama Pusat Kelautan dan Iklim (Indonesia-China Center for Ocean and Climate - ICCOC).

Kesepakatan itu dicapai selama workshop para ahli kelautan kedua negara terkait kerjasama ilmu pengetahuan bidang kelautan dan konservasi lingkungan yang digelar selama dua hari bersamaan dengan World Ocean Conference (WOC) di Manado, 11-15 Mei 2009.

Kesepakatan itu dituangkan dalam sebuah nota yang ditandatangai Kepala Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Perikanan dan kelautan Gelwyn Yusuf dan Kementerian Kelautan Republik Rakyat Chia di Hotel Quality, Rabu malam.

Menurut Gelwyn, kerjasama ini bertujuan meningkatkan komunikasi dan kerjasama yang telah terjalin baik selama ini di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kelautan, meningkatkan riset kelautan yang berkaitan dengan pelestarian kelautan dan penggunaan sumber daya laut secara lestari.

ICCOC memiliki enam tugas pokok yakni meningkatkan komunikasi antarilmuwan kedua negara, tukar menukar informasi dan data, menyelenggarakan simposium dan sejenisnya, publikasi jurnal ilmiah dan laporan penelitian, menyusun peralatan dan kapal yang akan digunakan dalam investigasi bersama, serta peningkatan kemampuan SDM melalui pelatihan dan pendidikan formal yang lebih tinggi di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan managemen kelautan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009