Tebet bersiap distribusikan bansos ke kelurahan

Tebet bersiap distribusikan bansos ke kelurahan

Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari (kiri) saat membagikan sembako dan vitamin kepada masyarakat di kawasan Kampung Jembatan, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (9/4/2020) (ANTARA/HO/Badan Narkotika Nasional)

Jakarta (ANTARA) - Kecamatan Tebet bersiap untuk mendistribusikan bantuan sosial berupa 1.000 paket sembako untuk pekerja informal terdampak COVID-19 dalam periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

Camat Tebet Dyan Airlangga, Jumat mengatakan, bantuan sosial berupa paket sembako dari Kemensos yang tiba Kamis (9/4) malam di kantor kecamatan, akan disalurkan setelah penyortiran data penerima dari kelurahan selesai.

"Bantuan tibanya maghrib, hari ini sedang kami sortir datanya dulu sebelum didistribusikan ke masyarakat," kata Dyan.

Dyan mengatakan, penyortiran data tersebut dilakukan untuk memastikan pendistribusian tepat sasaran dan tidak terjadi dua kali penerimaan.

"Jangan sampai ada warga yang sudah dapat bantuan, dibantu lagi melalui bansos ini," katanya.

Baca juga: 1.000 paket sembako disalurkan di Kebayoran Lama
Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Sosial RI Grace Batubara (baju hitam) menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolik bagi warga rentan terdampak COVID-19 di Jakarta, Kamis (9/4/2020) (ANTARA/HO-Kemensos)
Adapun teknis penyalurannya, kata Dyan, paket sembako akan didistribusikan ke tiap-tiap kelurahan. Total ada 7 kelurahan di Kecamatan Tebet.

Masing-masing lurah akan menyalurkan paket sembako ke tiap-tiap RW. RW ditunjuk sebagai pihak yang menyalurkan langsung ke penerima bansos.

Teknis penyaluran ini dilakukan untuk menghindari adanya kerumunan warga pada saat bansos disalurkan.

"Kita menghindari kerumunan warga di saat PSBB ini," kata Dyan.

Dyan memastikan, bansos akan disalurkan setelah penyortiran data penerima selesai dilakukan Jumat ini. "Kami masih menunggu data dari kelurahan," kata Dyan.

Baca juga: Hari pertama PSBB, cuaca berawan hingga hujan ringan warnai Jakarta
Petugas dibantu warga menurunkan paket sembako yang diberikan Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga yang membutuhkan di kawasan Kebon Baru, Tebet, Jakarta, Rabu (8/4/2020). Kemensos mendistribusikan 200 ribu paket sembako dan makanan siap saji untuk pekerja sektor informal di wilayah zona merah COVID-19. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Pemerintah pusat memastikan penyaluran bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak COVID-19 tidak akan tumpang tindih sehingga tepat sasaran serta akan melakukan verifikasi jika ada warga yang luput mendapatkan dana program jaring pengamanan sosial.

Kementerian Sosial menyiapkan paket bantuan sosial khusus untuk kelompok warga yang rentan terkena dampak wabah COVID-19.

Bantuan sosial khusus yang disiapkan untuk keluarga rentan di wilayah Provinsi DKI Jakarta berupa bantuan bahan pangan pokok senilai Rp600.000 per bulan yang disalurkan setiap pekan selama tiga bulan.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan menyediakan bantuan sosial bagi masyarakat yang terimbas secara ekonomi dan sosial akibat adanya PSBB di Ibu Kota Jakarta.
Baca juga: Bingkai itu bernama PSBB

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

H+7 Lebaran, lebih dari 70 kendaraan di Tol Cikupa diminta putar balik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar