Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Besar Persatuan Bisbol dan Sofbol Amatir Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) menargetkan tim baseball putra masuk enam besar kejuaraan di Sapporo, Jepang, sehingga bisa lolos kualifikasi Asian Games 2010.

"Kejuaraan tingkat dunia tersebut untuk menentukan negara yang akan tampil pada Asian Games 2010," kata Ketua Umum PB Perbasasi Gugun Yudinar di Jakarta, Jumat.

Gugun mengatakan, kejuaraan tingkat dunia yang digelar 20 sampai 30 Juli nanti itu, diikuti delapan negara yang menghuni divisi I Asia, yakni Jepang (juara dunia), Korea Selatan (runner-up), Taiwan (peringkat tiga dunia), China (4), Indonesia (5), Filipina (6), Thailand (7) dan Pakistan (belum pasti).

Berdasarkan aturan, enam negara yang menduduki peringkat teratas akan lolos ke Asian Games yang akan diselenggarakan di Guangzhou, China.

PB Perbasasi optimistis Indonesia dapat meraih tiket menuju ajang olahraga antar negara se-Asia tersebut, karena tim bisbol memiliki bekal sebagai juara Asia Cup 2009 di Bangkok, Thailand.

Pada kejuaraan Asia Cup 24 hingga 30 Mei lalu, Indonesia mengungguli Pakistan, Hongkong, Srilangka, Thailand, Malaysia, Kamboja dan Myanmar.

Selain lolos Asian Games 2010, Indonesia juga memproyeksikan mampu menembus peringkat empat dunia sehingga bisa tampil pada kejuaraan dunia 2012.

Pada kejuaraan tingkat dunia di Jepang, Indonesia akan memberangkatkan 22 atlet usia 16 tahun hingga 28 tahun dan tiga pelatih.

(T.SDP-41/T004/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009