Palembang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Selatan siap menggelar babak kualifikasi ajang E-Sport, Smartfren IES Indonesia Championship 2020 pada pertengahan Mei mendatang yang bakal diikuti para games di daerah tersebut.

Ketua Indonesia Esport Associatioan (IeSPA) Provinsi Sumatera Selatan Nirmala Dewi di Palembang, Rabu, mengatakan, ribuan gamers di Sumatera Selatan diperkirakan bakal meramaikan ajang E-Sport pertama terbesar di Indonesia itu karena dipengaruhi kondisi terkini yang terjadi di Indonesia.

Sebagian besar aktivitas masyarakat saat ini banyak dilakukan di rumah akibat mewabahnya virus corona.

Baca juga: Lika-liku perkembangan industri game Indonesia

“Justru ini kesempatan untuk mengisi imbauan pemerintah ‘stay at home’. Jadi di tengah pandemi bisa tetap produktif dan berolahraga,” kata Dewi dalam wawancara secara virtual menggunakan aplikasi online.

E-Sport yang sudah pertandingkan pada ajang SEA Games 2019 di Manila, Philifina ini, menurutnya semakin digandrungi warga Sumatera Selatan. Tak hanya generasi millenial, olahraga ini juga menyasar berbagai kalangan usia.

Beberapa kali kelas virtual yang dilakukan Esport Associatioan (IeSPA) Sumsel selalu diikuti ratusan orang.

Baca juga: Smartfren siapkan turnamen esport untuk amatir

Oleh karena itu, Nirmala Dewi sangat optimistis bahwa ajang tingkat daerah ini bakal mendapat respon positif, apalagi hadiah yang ditawarkan bernilai total Rp500 juta jika nantinya atlet bisa menembus level nasional pada Oktober mendatang.

Untuk menjadi juara nasional yang nantinya mewakili Indonesia di ajang SEA Games itu, para gamer akan memulai babak kualifikasi di tingkat provinsi. Nantinya akan terbentuk tim di masing-masing provinsi.

Setelah tim tingkat provinsi terbentuk, liga akan berlanjut ke main event nasional dan babak grand final.

Baca juga: Esport menanti kepastian menuju pengakuan

“Harapannya, atlet dari Sumsel bisa menembus level nasional,” kata dia.

Sementara itu, panitia penyelenggara Smartfren IES Indonesia Championship 2020 tingkat Provinsi Sumsel, Imam, mengatakan, pendaftaran peserta akan dimulai pada tanggal 22 April 2020 hingga 10 Mei mendatang, dengan link pendaftaran di : https://bit.ly/ies2020.

"Batas registrasi peserta di Sumsel yakni sampai 14 mei dan itu gratis. Syarat utama yakni harus memiliki KTP asli domisili Sumsel," kata dia.

Setiap tim dapat mengikuti beberapa nomor pertandingan PUBGM, Dota 2, Mobile Legends (ML), dan Autochess.

Baca juga: ONIC Olympus juarai Free Fire Indonesia Masters 2020

Baca juga: Gandeng Agate, MPL tambah portofolio game

Baca juga: Indonesia Gaming League 2020 tandingkan FIFA dan PES


 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020