Pemkab Bangka Barat salurkan bantuan ke masjid

Pemkab Bangka Barat salurkan bantuan ke masjid

Bupati Bangka Barat, Provinsi Babel bersama Baznas menyalurkan sejumlah bantuan selama bulan puasa Ramadhan di Mentok, Sabtu (9/5/2020). (FOTO ANTARA/ Donatus D.P)

Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan sejumlah bantuan perlengkapan pendukung untuk masjid di daerah itu selama bulan puasa Ramadhan 1441 Hjriah.

"Puluhan masjid di seluruh kecamatan dibantu sesuai kebutuhan yang sudah diajukan sebelumnya, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan selama bulan Ramadhan," kata Bupati Bangka Barat Markus di Mentok Sabtu.

Menurut dia, penyaluran bantuan seperti itu pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan berbarengan dengan acara safari Ramadhan, namun pada tahun ini kegiatan itu dibatalkan karena adanya wabah virus corona jenis baru penyebab COVID-19.

"Meskipun safari Ramadhan ditiadakan, namun penyaluran bantuan tetap dilakukan seperti yang kemarin kita laksanakan bersama Badan Amil Zakat Kabupaten Bangka Barat di Desa Airlimau," kata Markus.

Pada kegiatan itu, Pemkab Bangka Barat menyalurkan bantuan untuk masjid di desa itu berupa karpet sajadah dan kipas angin yang akan dipasang di Masjid Nurul Iman Airlimau, Kecamatan Mentok.

Sedangkan Baznas Kabupaten Bangka Barat memberikan bantuan berupa uang tunai Rp200.000 kepada 10 orang anak yatim piatu dan Rp400.000 kepada 20 orang warga lanjut usia.

Penyaluran bantuan ini diharapkan bisa memberi motivasi kepada seluruh warga untuk bersama-sama memuliakan masjid di wilayah masing-masing.

"Kami juga tetap mengimbau agar warga selalu menjalankan protokol kesehatan yang sudah diterbitkan pemerintah guna mendukung upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona," katanya.

Ketua Baznas kabupaten bangka Barat H. Sobri Murod mengatakan pemberian santunan kepada para fakir miskin, dan anak yatim merupakan kegiatan tahunan di bulan Ramadhan.

"Kami harapkan bisa membantu warga kurang mampu saat menghadapi Idul Fitri," katanya.

Usai menyalurkan bantuan di Desa Airlimau, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Desa Berang untuk menyalurkan bantuan berupa sajadah, karpet gulung dan kipas angin di Masjid Arrahman.

Pada kesempatan itu, Baznas Kabupaten Bangka Barat juga menyalurkan bantuan uang tunai sebesar Rp200.000 kepada 10 anak yatim piatu dan Rp400.000 kepada 20 orang fakir dan miskin di Desa Berang, Simpangteritip.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kota Tua Muntok penghasil tenun cual yang indah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar