Donington Park, Inggris (ANTARA News/AFP) - Pembalap Italia, Andrea Dovizioso, menjuarai MotoGP Ingris di Dinington Park, Minggu, pada penampilan perpisahan di lintasan tersebut.

Pembalap Honda berusia 23 tahun tersebut mengungguli pembalap Amerika, Colin Edward, dari tim Yamaha, sementara pembalap Prancis, Randy de Puniet, menempati posisi ketiga untuk Honda.

Pimpinan kejuaraan tersebut, Valentino Rossi gagal naik ke podium setelah mengalami kecelakaan pada saat memimpin balapan tersebut, tetapi masih mendapatkan poin karena ia finis di urutan kelima, sedangkan rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, sebelumnya sudah keluar dari balapan setelah jatuh dari sepeda motornya.

Dovizioso sangat gembira memberikan kemenangan yang sangat diperlukan kepada timnya.

"saya menang di lintasan basah di sini di tahun 2007 di kelas 250cc, jadi saya tahu kondisinya secara baik," kata pembalap Italia itu.

"Emosi kali ini sangat berbeda dengan ketika menang di kelas lainnya. Awal musim ini tidak mudah, jadi saya merasa sangat senang memberikan kemenangan ini kepada tim," tambah Dovizioso, yang menjadi juara dunia di kelas 125cc di tahun 2004.

Dengan Lorenzo telah keluar dari balapan, dan juara dnia 2007, Casey Stoner berjuang keras untuk mengejar ketertinggalannya - ia finis di posisi ke-14 - Rossi melenggang paling depan di balapan tersebut.

Tetapi, saat menikmati keunggulannya, dengan masih 11 putaran lagi, pembalap Italia itu tergelincir dan jatuh dari kendaraannya.

Ia mampu menaiki lagi kendaraannya dan memulai lagi balapan, tetapi menempati posisi ke-11 dan posisi terakhir sekitar 20 detik ketinggalan dari Dovizioso yang kemudian memimin balapan tersebut, sementara Puniet berada di tempat kedua.

Hujan mulai turun saat balapan tinggal delapan putaran dan beberapa pembalap segera mengganti ban sepeda motornya.

De Puniet memperlambat kendaraannya dan dengan balapan tinggal empat putaran lagi ia mengurangi selisih wakltunya dengan pembalap Italia itu, sementara Rossi melaju ke urutan keenam.

Dengan balapan tinggal tiga putaran lagi, keunggulan Dovizioso tinggal kurang dari dua detik atas de Puniet dan Edwards, ttapi ia mampu mempertahankan keunggulannya.

Sebelumnya, pembalap Jepang, Hiroshi Aoyama memenangi balapan 250cc untuk mencatat kemenangan ketiganya musim ini dan menambah keunggulannya di klasemen umum.

Aoyama mengungguli pembalap Spanyol, Alvaro Bautista, sementara Mattia Pasini dari Italia berada di posisi ketiga.

Pembalap Spanyol, Julian Simon menjuarai Grand Prix kelas 125cc. Pemalap Aprilia itu mengalahkan pembalap Italia, Simone Corsi dan Scott Redding dari Inggris Raya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009