Jakarta (ANTARA) - Perancang Tanah Air menuangkan kreativitas dalam menciptakan masker kain yang aman dan nyaman untuk dipakai kala pandemi, tapi tetap penuh gaya.

Selain masker dari bahan bermotif etnik seperti batik dan tenun, banyak perancang yang bermain dengan motif kontemporer untuk dipadankan dengan busana kasual hingga elegan untuk merayakan Idul Fitri.
 
Masker kain dari Aruna Creative (HO)


Masker kain dari Aruna Creative

Aruna Creative by Yuliana Fitri awalnya mendonasikan 500 buah masker secara cuma-cuma untuk penjual makanan dan penjual sayur di pasar, dan masyarakat di Sleman, Yogyakarta. Masker ini dibuat dari bahan sisa gudang konveksi.

Setelah itu, Yuliana Fitri membuat masker 2 lapis dan 3 lapis dengan motif menarik dari katun Jepang yang bisa dipadukan dengan busana sehari-hari. Masker ini telah terjual sebanyak 3000 untuk konsumen di Yogyakarta, Labuan Bajo, Surabaya, hingga Jakarta.
 
Masker renda dari Deceu Suzan (HO)


Masker renda dari Deceu Suzan

Deceu Suzan menyulap kain perca untuk membuat masker cantik feminin. Masker ini terdiri dari tiga lapisan kain, yakni kain lace pada bagian luar dan tengah, dan kain organik antibakter di bagian dalam. Terdapat kantong di bagian tengah untuk menyisipkan tisu sebagai penyaring tambahan. Masker berhias aplikasi bunga-bunga kecil dan beads ini dilengkapi tali panjang yang praktis untuk para pengguna kerudung.
Masker kain dari Pinky Hendarto (HO)
 
Masker kain dari Pinky Hendarto (HO)


Baca juga: Pelindung diri dan bergaya, desainer China buat masker berbahan sutra

Baca juga: Lebaran sebentar lagi, berikut koleksi Idul Fitri dari desainer lokal

Baca juga: "Designers Give Back", cara desainer dukung tenaga medis saat COVID-19

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020