Semarang (ANTARA News) - Tim renang Indonesia hanya mendapat dua medali perak dan lima perunggu pada kejuaraan renang Kelompok Umur Asia yang berlangsung di Jepang, 10-13 Agustus 2009.

Pelatih renang pelatnas Program Atlet Andalan (PAL), Hartadi Nurjojo ketika dihubungi dari Semarang, Sabtu petang, mengatakan, dua perak tersebut diraih dari kelompok umur B dan C.

Pada KU B, Sasatingkan Kinanti meraih perak dari nomor 1.500 meter gaya bebas, sedangkan KU C direbut Rayna Saumi dari nomor 200 meter gaya kupu.

Lima perunggu direbut dari Priadi Fauzi dari nomor 800 meter gaya bebas KU , Dony B Utomo dari nomor 200 meter gaya kupu, 4X200 meter gaya bebas, kemudian Rayna Saumi dari nomor 400 meter gaya bebas, serta 1.500 meter gaya bebas.

Menurut dia, dengan hasil kejuaraan di Jepang ini dari sisi perolehan medali dan catatan waktu yang diraih perenang memang cukup bagus karena untuk Asia Tenggara, Indonesia berada di bawah Thailand.

Tetapi, kata dia, dari sisi pembinaan untuk kelompok umur C memang cukup memprihatinkan karena Indonesia jauh tertinggal dengan tuan rumah Jepang.

"Kita harus mengubah sistem pembinaan di kelompok umur C agar bisa sejajar dengan perenang-perenang Asia," kata Hartadi yang juga Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengprov PRSI Jawa Tengah.

Ia menambahkan, pada kejuaraan renang kelompok umur tersebut, tuan rumah Jepang berhasil keluar sebagai juara umum. "Saya lupa perolehan medalinya tetapi yang jelas sangat jauh dengan perolehan perenang Indonesia," katanya.

Padahal, menurut dia, pada event tersebut Jepang hanya menurunkan perenang kelompok umur B dan C.

Pada Kejuaraan Renang Kelompok Umur Asia ini, Indonesia menurunkan 13 perenang pelatnas Program Atlet Andalan. Dari jumlah tersebut hanya menurunkan perenang PAL utama dan Madya.

Kemudian, lanjut dia, dua perenang kelompok utama, Glenn Victor dan Indra Gunawan tidak turun karena yang bersangkutan tampil pada kejuaraan renang dunia di Roma, Italia.

Menyinggung hasil di Jepang untuk SEA Games di Laos Desember 2009, dia mengatakan, untuk tingkat Asia Tenggara, Indonesia masih bisa bersaing.

"Saya prediksikan, di Laos mendatang kita bisa meraih minimal dua emas, yaitu dari nomor 100 meter gaya punggung (Glenn Victor) dan 4X100 meter estafet gaya ganti putra," katanya.

Hartadi Nurjojo menambahkan, penentuan tim inti SEA Games ini akan dilakukan setelah melihat hasil kejuaraan renang Indonesia Open, Oktober 2009 di Jakarta.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009