Serang (ANTARA News) - Mulai tahun ini Kantor Pos Cabang Serang, Banten melayani pemesanan tiket kereta api (KA) tujuan beberapa kota besar di Pulau Jawa seperti Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Bandung.

"Setiap pemesanan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp7.500 per tiket ke manapun tujuannya," kata Kepala Kantor Pos Cabang Serang Kiagus Amran di Serang, Minggu.

Amran mengatakan layanan tiket KA ini adalah kali pertama dilakukan tahun ini. Pemesanan tiket KA tersebut dapat dilakukan sejak H-3 hingga H-1 Lebaran.

"Namun kami tidak melayani pemesanan tiket kelas ekonomi," jelas Amran.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya akan menambah armada baru dengan pengadaan dua unit mobil pos keliling.

"Dengan penambahan tersebut, armada mobil kami yang semula dua unit, menjadi empat unit," katanya.

Nantinya, lanjut Amran, empat mobil pos keliling tersebut akan bertugas menjemput bola ke perusahaan yang beroperasi di kawasan Serang Timur, seperti Kecamatan Cikande.

"Mobil itu menampung pengiriman paket barang ke semua kota di Indonesia. Ini akan memudahkan pemudik, khususnya para buruh. Mereka tidak perlu repot membawa barang terlalu banyak ketika mudik karena sebagian sudah dipaketkan via pos," katanya.

Kantor Pos Cabang Serang memiliki fasilitas layanan paket biasa selama 5 hari, paket kilat khusus selama 3 hari, dan paket pos ekspres selama 1 hari.

Ia memprediksi berdasarkan pengalaman tahun lalu, lonjakan pengiriman barang, pemesanan tiket, hingga intensitas pengiriman uang dari luar negeri akan terasa mulai H-15 Lebaran.

"Oleh karena itu berdasarkan pengalaman tahun lalu, kami sudah siap melayani masyarakat," kata Amran.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009