Los Angeles (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sebanyak 200 tamu undangan, Kamis malam, berkumpul di Forest Lawn Memorial Park di pinggir kota Los Angeles untuk menghadiri pemakaman Michael Jackson, lebih dari dua bulan setelah kematian bintang pop itu akibat kelebihan dosis obat penenang.

Anggota keluarga Jackson tiba di pemakaman tak lama setelah pukul 20:00 untuk upacara pemakaman, yang mulanya dijadwalkan dimulai pukul 19:00 waktu setempat.

Raja Pop itu, yang meninggal pada 25 Juni dalam usia 50 tahun setelah dibawa ke rumah sakit dalam keadaan koma, dijadwalkan dikebumikan di pemakaman tersebut, yang menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi pesohor lain Hollywood seperti Clark Gable, Humphrey Bogart, Walt Disney dan Nat King Cole.

Di antara tamu yang hadir terdapat mantan istrinya Lisa Marie Presley dan teman-teman lama Jackson, Elizabeth Taylor serta Macaulay Culkin.

Pihak berwenang melakukan tindakan tambahan guna menjamin bahwa upacara tersebut tetap bersifat pribadi sementara pemakaman itu ditutup buat media dan masyarakat. Petugas keamanan berpatroli di pemakaman tersebut untuk menemukan pelanggar, dan polisi dengan menggunakan helikopter terus mengawasi daerah itu secara seksama dari udara.

Sementara itu, pembatasan terbang di atas pemakaman tersebut disepakati oleh Federal Aviation Administration untuk menjaga helikopter insan pers agar tidak mendekat.

Kantor koroner Los Angeles County, yang melakukan otopsi atas mayat Jackson setelah kematiannya, telah memutuskan bahwa kematian Jackson adalah karena pembunuhan, dan sertifikat kematiannya menyatakan "injeksi oleh orang lain" sebagai penyebabnya.

Namun, belum ada tuntutan yang diajukan sehubungan dengan kematian Jackson sementara para jaksa masih menyelidiki kasus itu.

Conrad Murray, dokter pribadi Jackson saat ia meninggal, mengatakan kepada para penyelidik ia telah memberi bintang pop tersebut sejumlah obat penenang dan obat bius kuat propofol untuk membantu dia tertidur.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009