Pasar Australia naik 1,6 persen minggu lalu dan masih naik 3,0 persen pada Juni, dengan hanya enam setengah hari perdagangan tersisa bulan ini dan tahun keuangan
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia melawan menentang ekspektasi pada perdagangan Senin, menghapus kerugian awal menjadi berakhir relatif datar dengan sektor perbankan dan penambang memimpin kenaikan.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik tipis 1,90 poin atau 0,032 persen menjadi 5.944,50 poin, sedangkan Indeks All Ordinaries yang lebih luas sedikit menurun 3,60 poin atau 0,059 persen pada 6.058,00 poin.

Perusahaan-perusahaan perjalanan termasuk maskapai penerbangan nasional Qantas dan operator Bandara Sydney termasuk di antara mereka yang membebani pasar saham Aussie, karena kekhawatiran atas gelombang kedua COVID-19 menekan sentimen investor.

Sementara itu saham-saham material, terutama penambang emas, mempertahankan kenaikan kuat sepanjang hari dan diikuti kemudian oleh lompatan di sektor perbankan untuk mengamankan penyelesaian positif.

"Pasar Australia naik 1,6 persen minggu lalu dan masih naik 3,0 persen pada Juni, dengan hanya enam setengah hari perdagangan tersisa bulan ini dan tahun keuangan," kata Analis Pasar Commsec, Steven Daghlian.

Baca juga: IHSG Senin sore jatuh 22,44 poin, pasar khawatir gelombang II COVID-19

"Namun ASX 200, terus menghadapi resistensi pada 6.000 poin: level indeks tidak mampu bertahan di atas itu untuk waktu yang lama dalam beberapa pekan terakhir. Ini menyoroti bahwa beberapa antusiasme pembelian yang diamati pada April dan Mei telah mereda dalam beberapa minggu terakhir."

Di sektor keuangan, saham bank-bank besar Australia bangkit dengan Commonwealth Bank naik 1,11 persen, National Australia Bank naik 0,54 persen, ANZ naik 1,17 persen dan Westpac Bank naik 0,50 persen.

Saham-saham pertambangan menguat dengan BHP naik 1,00 persen, Rio Tinto naik 0,44 persen, penambang emas Newcrest naik 3,69 persen dan Fortescue Metals naik 0,29 persen.

Saham produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search turun 1,44 persen, Santos tidak berubah dan Woodside Petroleum naik 0,87 persen.

Saham supermarket terbesar Australia juga bervariasi dengan Coles turun 0,54 persen dan Woolworths naik 0,30 persen.

Sementara itu saham raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas merosot 4,12 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 0,57 persen.

Baca juga: Sempat terkoreksi, bursa saham Australia berakhir lebih tinggi
 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020