Beijing (ANTARA News/AFP) - Superstar tenis Amerika, Serena Williams, memperoleh kembali posisinya sebagai petenis putri nomor satu dunia, Selasa, melalui kemenangan mudah di China Terbuka, sementara Rafael Nadal terhindar dari ketakutannya di pertandingan pembukaannya.

Juara bertahan Andy Roddick dan Jelena Jankovic secara mengejutkan tersingkir dari turnamen berhadiah 6,6 juta dolar AS itu, suatu event gabungan ATP/WTA yang bertujuan mendorong posisi China sebagai tempat pasar penting tenis.

Maria Sharapova dan Elena Dementieva, keduanya dari Rusia, maju ke babak 16 besar partai putri, demikian pula pemain putra rekan senegara mereka, Marat Safin.

Serena, unggulan kedua di China Terbuka dan saat ini menempati posisi petenis nomor dua dunia, mengalahkan Ekaterina Makarova dari Rusia, 6-3, 6-2, untuk masuk ke babak 16 besar, sehingga menjamin namanya akan tercantum sebagai peringkat teratas WTA, saat daftar baru diumumkan hari Senin.

Jalan menuju puncak peringkat itu semakin mulus bagi Serena (28), yang terakhir menduduki posisi itu bulan April, ketika petenis nomor satu dunia sekarang ini, Dinara Safina, tersingkir di turnamen tersebut hari Senin, setelah kalah dari pemain China yang memegang wild card, Zhang Shuai.

"Rasanya sangat indah. Saya benar-benar sangat gembira. Saya tidak ingin terlalu membebani diri saya sendiri. Saya benar-benar merasa senang di sana karena saya merasa seperti saya sedang bekerja keras sepanjang tahun," kata Serena.

Nadal, yang merupakan unggulan utama dan petenis putra nomor dua dunia, berhasil mengatasi perlawanan keras mantan finalis Australia Terbuka, Marcos Baghdatis, melalui kemenangan tiga set, 6-4, 3-6, 6-4.

Nadal (23) berada di atas angin setelah memenangi set pertama, tetapi petenis Siprus itu, yang menjuarai China Terbuka 2006, bangkit kembali untuk merebut set kedua.

Pada kedudukan 4-4 di set ketiga, petenis kidal asal Spanyol itu mematahkan servis Baghdatis dan kemudian memegang servis, serta memenangi pertandingan tersebut ketika pukulan petenis Siprus itu nyangkut di net.

"Saya sangat senang dengan cara saya menyelesaikan pertandingan - saya bermain agresif dan banyak maju ke net, jadi itu penting," kata Nadal.

"Satu-satunya cara untuk menang adalah bermain agresif," katanya.

Sementara itu, Maria Sharapova, pemenang tiga kali Grand Slam, melakukan 13 kali pukulan as, saat menang tiga set atas Victoria Azarenka dari Belarus, 6-3, 6-7 (5/7), 7-5.

Dalam pertandingan lainnya di bagian putri, unggulan keempat Dementieva, rekan senegaranya dari Rusia, Vera Zvonareva, unggulan ke-10 Flavia Pennetta dari Italia, dan unggulan ke-14 Marion Bartoli dari Prancis, semuanya maju ke babak 16 besar.

Di bagian putra, unggulan keempat Nikolay Davydenko, unggulan kelima Fernando Verdasco, unggulan ketujuh Fernando Gonzales, dan Safin, juara China Terbuka 2004, semuanya memenangi pertandingan pembukaan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009