Microsoft rilis pratinjau aplikasi antivirus Android

Microsoft rilis pratinjau aplikasi antivirus Android

Microsoft rilis pratinjau aplikasi antivirus Android (techcommunity.microsoft.com)

Jakarta (ANTARA) - Setelah pada awal tahun ini menjanjikan bahwa Windows Defender akan hadir di Android, Microsoft akhirnya resmi merilis pratinjau aplikasi antivirus itu di sistem operasi milik Google tersebut.

Pratinjau publik untuk Android tersebut akan mencakup perlindungan terhadap phishing dan akan menawarkan deteksi malware yang memberikan perlindungan lebih dibandingkan proteksi malware bawaan Google.

"Pemindaian dilakukan secara instan mendeteksi malware dan aplikasi yang mungkin tidak diinginkan," ujar senior manajer program Microsoft, dikutip dari The Verge, Rabu.

"Jika aplikasi yang aman diunduh, pengguna akhir akan melihat pemberitahuan ringan yang memberitahu mereka bahwa aplikasi tersebut bersih," dia melanjutkan.

Perlindungan web Microsoft akan mencakup anti-phishing sehingga situs web yang tidak aman yang dikirim melalui SMS, WhatsApp, email atau aplikasi lain langsung diblokir.

Microsoft juga menggunakan teknologi Defender SmartScreen untuk juga memblokir koneksi jaringan yang tidak aman yang coba dibuat oleh aplikasi jahat tanpa sepengetahuan pengguna.

Aplikasi pratinjau Android tiba lebih dari setahun setelah Microsoft memulai pratinjau publik untuk antivirus Defender pada macOS.

Microsoft mengganti nama Windows Defender Advanced Threat Protection (ATP) menjadi Microsoft Defender Advanced Threat Protection (ATP) sebagai hasilnya, dan Mac juga menyediakan perlindungan ancaman dan virus secara penuh yang dikombinasikan dengan kemampuan untuk melakukan pemindaian cepat.

Microsoft juga merencanakan kehadiran aplikasi antivirus iOS, meskipun Microsoft akan jauh lebih terbatas dalam menyediakan fitur pada sistem operasi Apple.

Apple melindungi aplikasi iOS secara default dan mencegah pengguna mengunduh aplikasi tanpa App Store. Masih belum jelas apa yang akan ditawarkan oleh versi iOS dari Microsoft Defender.

"Dalam beberapa bulan mendatang kami akan merilis kemampuan tambahan pada Android dan Anda akan mendengar lebih banyak dari kami tentang investasi kami dalam pertahanan terhadap ancaman seluler untuk perangkat iOS juga," ujar Vice President of Microsoft 365, Rob Lefferts.

Microsoft juga membuat Defender ATP tersedia di Linux saat ini, yang memungkinkan Microsoft menawarkan solusi antivirus terpadu di seluruh platform desktop dan server seperti Windows, macOS dan Linux.

Baca juga: Microsoft tutup "streaming" Mixer, alihkan pengguna ke Facebook Gaming

Baca juga: Untuk kalahkan WhatsApp dan Zoom, Microsoft siapkan Teams personal

Baca juga: Microsoft hubungkan Teams dan Skype, pengguna bisa saling mengobrol

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Presiden berencana buat regulasi terkait data center

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar