Beijing (ANTARA News/AFP) - Novak Djokovic harus berjuang keras untuk maju ke semifinal China Terbuka, Jumat, dengan kemenangan tiga set atas Fernando Verdasco dari Spanyol.

Djokovic, yang merupakan unggulan kedua di China Terbuka, menundukkan unggulan kelima Verdasco 6-3 1-6 6-1. Djokovic memerlukan satu kemenangan lagi untuk merebut posisinya sebagai peringkat tiga dunia.

Petenis Serbia itu akan menggantikan petenis Skotlandia, Andy Murray di posisi ketiga ATP, setelah Roger Federer dan Rafael Nadal, bila ia memenangi pertandingan berikutnya melawan finalis Roland Garros, Robin Soderling dari Swedia, yang menang atas Ivan Ljubicic dari Kroasia.

Murray mengundurkan diri dari Shanghai Masters pekan depan karena cedera pergelangan tangan dan peringkatnya akan turun karena tidak aktif dan kehilangan angka dengan jumlah yang sama dengan yang ia peroleh di pekan yang sama setahun lalu.

Bila dapat mengalahkan Soderling, Djokovic, juara Australia Terbuka 2008, akan menggantikan kedudukan Murray pada saat peringkat ATP diumumkan 19 O(ktober, sehari setelah final Shanghai Masters.

"Saya kira saya bermain baik dan konsisten tahun ini, tetapi peringkat saya masih turun," kata petenis Serbia itu. "itu berarti pemain lainnya bermain benar-benarbaik, termasuk Murray.`

"Saya terkejut is mengundurkan diri dari Shanghai, tetapi itulah tenis. Ini belum akhir tahun -- masih ada tiga atau empat turnamen lagi," katanya.

Dalam pertandingan lainnya, Petenis Rusia Svetlana Kuznetsova maju ke semifinal, tetapi rekan senegaranya di bagian putra, Nikolay Davydenko, tersingkir setelah kalah dua set langsung.

Kuznetsova, juara 2006 di Beijing, menang 6-3 6-3 atas pemain berbakat dari Rusia, Anastasia Pavlyuchenkova, yang awal pekan ini menyingkirkan Venus Williams dari Amerika dari event ATP/WTA berhadiah 6,6 juta dolar AS itu.

Kuznetsova, juara Prancis Terbuka, di babak selanjutnya akan berhadapan dengan rekan senegaranya, Nadia Petrova setelah unggulan ke-13 itu menyingkirkan Peng Shuai, harapan terakhir tuan rumah di turnamen tersebut, 6-7 (5/7) 6-3 6-2.

Petrova menggulingkan Serena Williams hari kamis untuk maju ke perempatfinal.

Di bagian putra, unggulan keempat Davydenko, yang meraih gelar ketiganya musim ini di Kuala Lumpur pekan lalu, secara mengejutkan dikalahkan unggulan kedelapan dari Kroasia, Marin Cilic dalam waktu hanya 90 menit dengan skor 6-4 6-4.

Di semifinal, Cilic akan berhadapan dengan Rafael Nadal aau Marat Safin dari Rusia.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009