Balikpapan (ANTARA News) - Kesebelasan Persiba Balikpapan mengalahkan tamunya, Persib Bandung 2-0 pada pertandingan perdana Liga Super di Stadion Persiba Balikpapan, Minggu.

Gol Persiba pertama dicetak oleh Johan Joga Utama pada menit ke-26 yang berhasil membobol gawang Persib yang dijaga oleh Cecep Supriatna.

Skor 1-0 membuat para pemain asuhan Hariyadi semakin bersemangat bermain di kandang. Hingga babak pertama berakhir skor tidak mengalami perubahan tetap keunggulan Persiba.

Selanjutnya pada babak kedua Persiba kembali mencetak angka, dari pemain asingnya asal Argentina Robertino pada menit ke 58.

Ketinggalan dua gol atas tuan rumah Persiba, membuat para pemain Persib kewalahan, maka banyak terjadi permainan keras, sehingga wasit Armando mengeluarkan empat kartu kuning dan satu kartu merah untuk kedua tim.

Pemain Persiba yang mendapatkan kartu kuning adalah Mijo Dadic yang merupakan kapten dari Persiba dan kartu kuning kedua dikenakan kepada Muhammadan (28).

Sementara itu, kartu kuning untuk kesebelasan Persib dikenakan pemain Christian Rene Martinez dan Hariono. Hariono malah mendapat kartu merah dari wasit setelah melakukan kesalahan untuk kedua kalinya dan diganjar kartu kuning kedua.

Dengan berbekal sepuluh pemainnya Persib semakin terlihat kewalahan dalam melayani permainan tuan rumah, bahkan beberapa kali gagal membobol gawang Persiba yang dijaga ketat oleh I Made Wirawan.

Sampai berakhirnya pertandingan Persiba tetap unggul dengan skor 2-0 atas Persib.

Seusai pertandingan pelatih Persib, Jaya Hartono mengatakan bahwa kartu merah yang diberikan kepada Hariono sebenarnya tidak perlu terjadi.

"Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi pada Hariono, andai saja ia lebih mengontrol emosinya," kata Jaya.

Selain itu para pemain Persiba, dia katakan banyak peluang sehingga, pertahanan anak asuhnya goyang.

Menanggapi kemenangannya, pelatih Persiba, Hariyadi mengatakan sangat bersyukur dan karena main di kandang sendiri, memang sepantasnya menang.

"Dengan kemenangan ini menjadi modal selanjutnya untuk memperoleh hasil yang baik saat melawan tim dari Sriwijaya FC pada Rabu (14/10) di kandang sendiri," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009