London (ANTARA News/Reuters) - Fabio Capello menggambarkan gelaran David Beckham sebagai bintang lapangan (man of the match) sama dengan pemberian Hadiah Nobel Perdamaian untuk Presiden Amerika Barack Obama setelah pemain tengah ini menciptakan waktu emas selama 30 menit ketika Inggris menaklukan Belarus 3-0 pada pertandingan Kamis dini hari tadi.

"Saya terkejut," aku Capello yang tersenyum puas, kepada wartawan di Wembley, ketika berjenaka mengenai penghargaan kepada pemain berusia 34 tahun itu semalam, dalam laga ke-115 kalinya bermain untuk timnas Inggris.

"Untuk 30 menit? Itu seperti Obama memenangkan Hadiah Nobel hanya sembilan bulan setelah menjadi Presiden Amerika Serikat."

Mantan kapten timnas Inggris yang bahkan tidak masuk daftar pemain cadangan saat Inggris kalah 1-0 pada pertandingan Sabtu pekan lalu, juga mengaku agak kaget saat dinobatkan sebagai bintang lapangan setelah menghabiskan kebanyakan waktu di pertandingan itu dengan pemanasan saja sampai kemudian para penggemar muda ramai-ramai mememik agar dia dimainkan.

Becham yang mengonfirmasikan status pinjamannya ke AC Milan dari LA Galaxy hampir mencapai final, menunjukan kelasnya saat diturunkan menggantikan pemain sayap Aaron Lennon, dengan mempersembahkan kualitas permainannya lewat kaki kanan mautnya.

Kualitas permainannya ini kemungkinan besar akan membuatnya bakal dipilih sebagai salah seorang dari 23 pemain asuhan Capello ke putaran final Piala Dunia Afrika Selatan tahun depan.

Manakala Shaun Wright-Phillips dan Lennon hanya bisa berputar-putar, keduanya tidak bisa memberi umpan matang seperti diberikan sang mantan pemain Manchester United dan Real Madrid itu.

Keputusan cepatnya saat mengeksekusi sepak pojok, membuat Shaun Wright-Phillips mengubah Inggris unggul 2-0 dan memastikan kemenangan kesembilan kali Inggris dalam 10 kali laganya di Grup Enam, Zona Eropa.

"Tak peduli David Bechkam bermain lima, 10, 15 menit atau separuh waktu pertandingan, dia selalu bermain dengan fokus penuh. Banyak pemain yang sulit panas, tetapi Beckham bisa melakukannya dengan sangat baik," kata Capello.

Beckham, yang tampil dengan cambang lebat, mengaku selalu berusaha keras untuk mendapatkan apapun dan menegaskan bahwa akan berjuang keras untuk mendapatkan tempatnya dalam apa yang akan menjadi final Piala Dunianya yang keempat bersama Inggris.

"Fabio Capello memahami keadaan saya. Jalan masih terlalu panjang untuk menuju putaran final. Apa yang akan saya lakukan adalah bekerja keras dan bermain sekeras yang saya bisa, serta memastikan bahwa saya mendapatkan peluang saya," kata Beckham kepada wartawan. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009