Padang (ANTARA News) - Konsulat Jenderal Malaysia di Medan Fauzi Omar menyatakan pihaknya akan menjamin mahasiswa asal negara Malaysia untuk kembali kuliah ke Sumatera Barat (Sumbar).

"Sebelumnya sebanyak 293 orang mahasiwa dari negara Malaysia pulang karena takut terjadi gempa susulan yang besar", kata Konsulat Jenderal Malaysia di Medan Fauzi Omar, di Padang, Selasa (30/9).

Mahasiswa asal negara Malaysia tersebut umum merupakan mahasiswa Kedokteran Universitas Andalas dan mahasiswa IAIN Imam Bonjol Padang.

Disamping takut , tempat tinggal mereka sudah roboh akibat gempa yang terjadi Rabu (30/9) dengan kekuatan 7,9 SR, ungkapnya.

"Kita sudah meminta dan meyakinkan mereka agar kembali ke Padang untuk melanjutkan pendidikan karena saat ini kondisi Padang sudah pulih 90 persen, sangat sayang jika pendidikan harus terputus hanya karena takut," katanya.

Menurutnya, Sebagian dari 293 orang mahasiswa asal Malaysia sudah ke Sumbar untuk kembali kuliah di Fakultas Kedokteran UNAND Padang.

Dia mengatakan, mahasiswa asal Malaysia tidak perlu takut dengan gempa yang terjadi di Sumbar, karena nantinya mereka juga akan terjun langsung untuk menangani korban gempa.

"Kita akan memberikan bantuan bagi mahasiswa asal Malaysia yang tidak memiliki tempat tinggal, yang akibat gempa tempat kos mereka sudah roboh", katanya

Pemerintah Malaysia sangat mendukung jika ada warganya yang menuntut ilmu di Sumatera Barat apalagi kuliah di Fakultas Kedokteran UNAND Padang, katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009