Milan (ANTARA News/Reuters) - David Beckham akan bergabung lagi dengan AC Milan dengan ikatan kontrak sewa dari Los Angeles Galaxy mulai Januari, demikian diumumkan kedua klub itu Senin, sehingga memperkuat semangat pemain itu untuk membela Inggris di Piala Dunia.

Pemain tengah berusia 34 tahun itu akan tinggal di Italia mulai Januari hingga Juni, sebelum kembali ke Galaxy dan Major League Soccer.

Beckham, yang melakukan hal sama pada musim lalu, menginginkan diulanginya kontrak sewa itu setelah pelatih Inggris, Fabio Capello, mengatakan ia perlu bermain di Eropa untuk membiasakan diri berada dalam tim yang akan mengikuti Piala Dunia di Afrika Selatan mulai 11 Juni.

"Saya ingin mencurahkan perhatian dan kesempatan saya untuk bermain di Piala Dunia dan berada di Milan dengan sistem kontrak pinjam untuk menolong saya dapat mewujudkan impian itu," kata Beckham dalam pernyataannya.

"Saya menikmati waktu saya di Milan dan akan bertemu dengan pemain dan para staf lagi. Saya terikat dengan LA Galaxy dan MLS dalam waktu panjang, untuk membangkitkan gairah sepak bola di Amerika," katanya.

Mantan kapten tim Inggris itu selama ini ditempatkan sebagai pemain penganti oleh Capello, padahal ia merupakan pemain paling banyak mengikuti pertandingan internasional dan ia bisa menjadi tidak terbiasa dengan timnya bila terus mengikuti kompetisi panjang MLS mulai November hingga Maret.

Kontrak sewa termin pemain itu, yang masalah keuangannya tidak diungkapkan, dan menjadi bahan pembicaraan selama ini karena beberapa klub Liga Inggris dilaporkan tertarik padanya.

"Kami amat gembira kembali bersama David Beckham dalam kostum merah hitam, setelah menjalani musim menyenangkan yang lalu," kata Ketua Eksekutif Milan Adriano Galliani dalam pernyatannya.

"Kami yakin pada periode permainan di Eropa kali ini akan membantu pemain itu untuk tampil di Piala Dunia. Kemudian ia kembali melanjutkan karirnya di Los Angeles Galaxy, yang didukungnya karena telah menolongnya," katanya.

Beckham membuat gundah pendukung dan petinggi Galaxy musim lalu ketika ia memutuskan tetap tinggal di Italia sampai akhir kampanye Piala Dunia mereka, ketimbang kembali ke Los Angeles, Maret, seperti sudah disepakati.

Ia tidak tampil pada awal musim kompetisi MLS dan ketika ia kembali ke Galaxy, Juli, pada pendukungnya mengejek ketika secara ironis ia bermain persahabatan melawan Milan.

Hubungannya dengan pendukung Galaxy membaik, setelah ia menolong tim itu menang dalam turnamen divisi MLS bulan lalu dan berhak maju ke putaran playoffs.

Para petinggi Galaxy juga menjelaskan, sepanjang Beckham tampil lagi di AS hingga 2012, mereka akan menolongnya mencarikan tempat dengan sistem kontrak sewa di Eropa.

"Kami gembira dengan keputusan kontrak sewa David ke AC Milan dan kami sepaham ia akan kembali ke Galaxy setelah selesai Piala Dunia 2010," kata pelatih kepala Bruce Arena.

Beckham menyatakan pada awal tampil lagi di San Siro, bahwa ia butuh banyak bertanding dalam kompetisi Seri A, tetapi niatnya itu tidak terwujud hingga akhir musim lalu.

Banyak yang sudah berubah di Milan sejak Mei, salah satunya pelatih Carlo Ancelotti berangkat ke Chelsea dan digantikan Leonardo.

Leonardo menyambut baik kembalinya Beckham, tetapi formasi 4-3-3 yang diterapkannya kelihatannya tidak cocok denganpemain sayap itu.

Striker dari Ghana, Dominic Adiyiah, juga bergabung dengan klub itu mulai Januari.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009