Yogyakarta (ANTARA News) - Tim bola voli putri Yogyakarta masih terlalu tangguh bagi tim Sulawesi Tengah ketika keduanya bertemu dalam laga penyisihan pool Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2009 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa.

Tim DIY yang sebagian besar adalah pemain asuhan klub Yuso tersebut menang telak 3-0 (25-6,25-18,25-7).

"Kualitas permainan kami memang lebih baik dibanding tim dari Sulteng dan kami memang memasang target untuk memetik kemenangan atas tim dari luar Jawa," kata pelatih putri DIY Sami Tolkhah Mukri usai pertandingan.

Menurut dia pencapaian yang diraih oleh tim putri DIY pada Popnas 2009 tersebut setidaknya harus lebih baik dibanding Popnas sebelumnya yaitu tersingkir pada babak penyisihan pool.

"Kami berharap dapat maju ke babak empat besar, baru setelah itu memikirkan pertandingan di semi final," katanya.

Sejak awal pertandingan, tim putri DIY yang mengenakan kostum merah-merah tersebut langsung tampil menyerang dan tidak memberikan kesempatan sedikit pun bagi tim Sulteng untuk mengembangkan permainan.

Pertandingan set pertama pun menjadi tidak menarik karena praktis tidak ada perlawanan dari Sulteng yang mengenakan kostum hijau-hijau itu.

Namun pada set kedua tim Sulteng dapat bangkit dan mendulang poin demi poin dari kesalahan yang dilakukan tim DIY, namun berbekal teknik permainan yang baik, tim asuhan Mukri tersebut masih mampu meraih set tersebut.

"Kami mempersiapkan pemain kami selama satu tahun untuk Popnas dengan menyeleksi 17 calon pemain sebelum akhirnya terpilih 12 pemain. 10 dari Yuso dan sisanya dari Ganefo," katanya.

Pada set ketiga tim DIY tidak mau mengulangi kesalahan seperti pada set kedua dan merebut set penentuan itu dalam waktu yang singkat.

Pertemuan berikutnya adalah melawan tim dari Banten. "Kami masih sedikit lebih unggul dan diharapkan dapat mencapai hasil maksimal," katanya.

Lawan terberat yang akan dihadapi DIY dalam babak penyisihan pool tersebut adalah dari Jawa Timur.

"Peluangnya masih 50-50, siapa yang siap dialah yang akan memenangi pertandingan," katanya.

Pada pertandingan di pool B antara tim putra Jawa Timur melawan Sumatra Utara berlangsung menarik dengan perolehan angka yang ketat, namun akhirnya dimenangi tim Jatim 3-0 (25-19,25-19,25-22), dan pada pool Y tim putri Jawa Barat juga memetik kemenangan 3-0 (25-11,25-7,25-11) melawan Maluku Utara.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009