Khasiat buah naga untuk kulit dan rambut

Khasiat buah naga untuk kulit dan rambut

Ilustrasi buah naga (ANTARA/Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Buah naga menyediakan banyak manfaat untuk kulit dan rambut secara alami, sebab buah tropis ini memiliki kandungan antioksidan, nutrisi dan vitamin yang melimpah.

Selama berabad-abad, para wanita telah menggunakan buah ini tidak hanya untuk merawat masalah kecantikan kulit tetapi juga rambut. Tanpa perlu membeli produk kecantikan komersial, buah ini lebih murah dan aman untuk digunakan.

Beberapa manfaat buah naga untuk kulit dan rambut di antaranya membuat kulit cerah hingga mencegah kerusakan rambut. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah naga dilansir Boldsky, Senin.

Mencegah kerusakan akibat radikal bebas
Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada DNA kulit dan membuat kulit Anda terlihat dehidrasi dan kusam. Dalam beberapa kasus, hal itu dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Namun, mengaplikasikan buah naga pada wajah dapat mencegah radikal bebas penyebab kerusakan pada kulit Anda.

Menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari
Kandungan vitamin B3 yang tinggi dalam buah naga memungkinkannya untuk menenangkan kulit yang terbakar matahari dan meredakan peradangan, kemerahan serta gatal-gatal yang disebabkan oleh sinar UV yang keras. Selain itu, buah naga juga dapat bertindak sebagai pelindung sinar matahari.

Melawan tanda penuaan
Berbagai faktor seperti kerusakan akibat sinar matahari, kerusakan radikal bebas, kurangnya perawatan kulit yang tepat dapat mempercepat proses penuaan kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, keriput, garis halus, dan lainnya.

Akan tetapi, antioksidan yang kuat dalam buah naga dapat membantu memulihkan keremajaan kulit Anda dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Mengobati jerawat
Buah naga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga secara efektif dapat mengobati jerawat dan mencegah kulit berjerawat.

Membuat kulit bersinar
Vitamin C dalam buah naga juga dapat melawan kulit kusam dan membuat kulit tampak bercahaya dan segar. Buah naga pun sering digunakan sebagai bahan utama dalam banyak serum dan krim glow-booting komersial.

Memperbaiki rambut rusak
Pewarna rambut, penggunaan alat penata panas yang berlebihan, gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada rambut sehingga membuatnya terlihat kering dan rapuh. Untungnya, nutrisi dalam buah naga dapat secara efektif memperbaiki rambut rusak dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Membuat rambut berkilau
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga memungkinkannya menambah kilau rambut. Selain itu, enzim yang terdapat pada buah naga dapat menghaluskan rambut kasar.

Mencegah kerusakan
Buah naga dapat digunakan untuk memperkuat folikel rambut. Karena folikel rambut yang kuat cenderung tidak putus. Menggunakan buah naga sebagai masker rambut dapat membantu Anda melawan rambut rontok.

Mencegah rambut bercabang
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah dapat melindungi rambut Anda dari radikal bebas penyebab rambut bercabang.



Baca juga: Menjaga wajah tetap "glowing" di masa pandemi

Baca juga: Bisa munculkan bekas luka, jangan oleskan pasta gigi di luka bakar

Baca juga: Cara mengecat rambut sendiri di rumah
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Tips diet kantong plastik

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar