Kelompok Tani Bangka Tengah berhasil panen semangka di lahan kritis

Kelompok Tani Bangka Tengah berhasil panen semangka di lahan kritis

Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh menghadiri panen raya buah semangka milik Poktan Langgeng Jaya Desa Trubus, Kamis (13/8) (babel.antaranews@com/ahmadi)

Mereka sudah panen dan tadi saya tanya kepada ketua kelompoknya itu ada sekitar 100 ton buah semangka yang siap panen, ini sangat luar biasa
Koba, Babel, (ANTARA) - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengapresiasi dan terus mendorong kelompok tani (Poktan) Langgeng Jaya Desa Trubus yang dinilai berhasil memanfaatkan lahan kritis menjadi areal perkebunan semangka.

"Poktan Langgeng Jaya ini tentu bisa dicontoh, mereka tekun dan terbukti berhasil memanfaatkan lahan kosong yang kritis menjadi lahan produktif," ujarnya usai menghadiri panen raya semangka milik Poktan Langgeng Jaya di Desa Trubus, Kamis.

Ia menjelaskan, Poktan Langgeng Jaya merupakan binaan pemerintah daerah yang berhasil mengembangkan tanaman semangka di atas lahan seluas tiga hektare.

Baca juga: Manfaat konsumsi semangka bagi ibu hamil

"Mereka sudah panen dan tadi saya tanya kepada ketua kelompoknya itu ada sekitar 100 ton buah semangka yang siap panen, ini sangat luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan, para petani yang tergabung dalam kelompok ini sudah memiliki kemampuan baik secara teori maupun dalam bentuk praktek penanaman semangka yang baik.

"Itupun terbukti, mereka berhasil membudidayakan semangka dengan buahnya cukup besar, manis dan produksi di atas rata-rata," ujarnya.

Baca juga: Bupati Bangka ajak masyarakat perbanyak tanam pohon

Menurut Ibnu Saleh, para petani yang tergabung dalam kelompok ini memiliki keinginan yang kuat untuk bertani dan bisa mengubah pola pikir lama dengan pola pikir lebih maju yang melek teknologi pertanian.

"Bahkan buah semangka yang sudah dipanen mampu dipasarkan di Jakarta, sehingga tidak hanya bisa meningkatkan produksi tetapi juga mampu memasarkan hingga keluar daerah," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Bangka tanam angsana atasi lahan kritis

Pewarta: Ahmadi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Upaya BPBD Hadapi Ancaman Megathrust

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar