Jakarta (ANTARA) - Tim catur Indonesia berada di peringkat empat pool A divisi 2 setelah menyelesaikan tiga pertandingan pada hari pertama Olimpiade Catur Online (FIDE Online Olympiad), Jumat.

Indonesia mengumpulkan total poin empat hasil dari dua kemenangan dan satu kekalahan. Total poin yang diperoleh Susanto Megaranto dkk. itu sama dengan yang diperoleh Australia (peringkat ketiga) dan Filipina (peringkat kelima), tetapi Australia unggul dalam Tiebreak 2 yakni 14,00 poin dibanding Indonesia (12,00) dan Filipina (10,00).

Peringkat pertama diduduki Jerman dengan poin 6 (TB2 13,00) dan Bulgaria yang juga meraih poin 6 (TB2 12,00) berada diperingkat kedua.

Baca juga: Indonesia targetkan lolos divisi utama Olimpiade catur daring 2020

Tim catur Indonesia bergabung di pool A Divisi 2 bersama Jerman, Belarusia, Filipina, Bulgaria, Banglades, Australia, Turkmenistan, Belgia, dan Kyrgyzstan.

Pada hari pertama turnamen catur daring yang disiarkan langsung olymp.fide.com tersebut, Indonesia mengawali pertandingan menghadapi Turkmenistan dan unggul 4,5-1,5. Tiga pecatur putri Indonesia (IM Irine Kharisma Sukandar, IM Medina Warda Aulia, dan WIM Ummi Fisabilillah) meraih kemenangan, sedangkan ketiga pecatur putra (GM Susanto Megaranto, IM Yoseph Theolifus Taher, dan IM Gilbert Elroy Tarigan) ditahan remis.

Pada pertandingan kedua, Indonesia harus mengakui keunggulan Filipina dengan skor 3,5-2,5. Medina menjadi satu satunya pecatur Indonesia yang menyumbang poin 1,0 setelah mengalahkan WIM Jan Jodilyn Fronda. Susanto, Irine, dan Ummi bermain remis, dan kekalahan harus dialami oleh Yoseph dan Gilbert.

Pada pertandingan ketiga menghadapi Kyrgyzstan, Tim Indonesia menurunkan susunan pemain berbeda dengan memainkan IM Novendra Priasmoro di papan dua, serta dua pecatur muda yakni CM Aditya Bagus Arfan dan Laysa Latifah.

Baca juga: Utut Adianto berbagi ilmu catur secara gratis lewat webinar

Di pertandingan ketiga itu, Indonesia unggul telak 5,0-1,0 melalui lima kemenangan dan satu kekalahan. Satu satunya kekalahan dialami Laysa yang minim pengalaman dan belum memiliki gelar.

Pada turnamen catur beregu campuran yang menggunakan sistem catur cepat itu, Indonesia diperkuat 11 pecatur, yakni Susanto Megaranto, Yoseph Theolifus Taher, Irene Kharisma Sukandar, Medina Warda Aulia, Gilbert Elroy Tarigan, Ummi Fisabilillah, Novendra Priasmoro, Chelsie Monica Sihite, Diajeng Theresa Singgih, Aditya Bagus Arfan, dan Laysa Latifah.

FIDE Online Olympiad sendiri diikuti 163 tim dari 162 negara. Jumlah tersebut dibagi ke dalam lima divisi. Tim Indonesia mendapat tempat terhormat di Divisi Dua dan dijadwalkan bertanding pada 14-16 Agustus 2020.

Baca juga: Medina kalah dari Farid pada catur online SCUA

Hasil pertandingan hari pertama:
Indonesia (4,5) vs Turkmenistan (1,5)
1. GN Megaranto, Susanto - IM Atabayev, Yusup ½ - ½
2. IM Taher, Yoseph Theolifus - IM taabayev, Saparmyrat ½ - ½
3. IM Sukandar, Irine Kharisma - WFM
Ovezvezdurdiyeva, Jemal 1 - 0
4. IM Aulia, Medina Warda - WFM
Haallaeva, Bahar 1-0
5. IM Tarigan, Gilbert Elroy - FM
Nurmamedov, Azat ½ -½
6. WIM Fsabilillah, Ummi - WFM Mekanova, Annagozel 1-0

Filipina vs Indonesia
1. GM Paragua, Mark - GM Megaranto Susanto ½ -½
2. GM Barcenilla, Rogeli - IM Taher, Yoseph Theolifus 1 - 0
3. WGM Frayna, Janelle Mae - IM Sukandar, Irine Kharisma ½ - ½
4. WIM Fronda, Jan Jodilyn - IM Aulia, Medina Warda 0 - 1
5. IM Quizon, Daniel - IM Tarigan, Gilbert Elroy 1 - 0
6. WIM Mordido, Kylen Joy - WIM Fisabilillah, Ummi ½ - ½

Indonesia vs Kyrgyzstan
1. GM Megaranto, Susanto - Maznitsin, Andrei 1 - 0
2. IM Priasmoro, Novendra - IM Tologontegin, Semetey 1 - 0
3. IM Sukandar, Irine Kharisma - Omurbekova, Diana 1 - 0
4. IM Aulia, Medina Warda - Sovetbekova, Nurai 1 - 0
5. CM Arfan, Aditya Bagus - Degenbaev, Aziz 1 - 0
6. Latifah, Laysa - Sezdbekova, Aizhan 0 - 1

Pewarta: Dadan Ramdani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2020