Detroit, Michigan (ANTARA News) - Dinas intelijen AS menyatakan peristiwa Ahad di pesawat yang sama Northwest yang ditumpangi tersangka pelaku teror Nigeria pada Hari Natal "bukan kejadian serius".

Beberapa petugas keamanan di Bandar Udara Metro Detroit "menanggapi laporan dari satu pesawat yang datang dari Amsterdam, tempat seorang penumpang menghabiskan waktu lama di toilet. Ini menimbulkan keprihatinan sehingga kondisi siaga diberlakukan", kata Biro Penyelidikan Federal AS (FBI) dalam satu pernyataan seperti dikutip AFP.

Satuan Tugas Khusus Gabungan Anti-teror mempelajari kasus tersebut "dan penyelidikan memperlihatkan bahwa ini bukan kejadian serius", demikian antara lain isi pernyataan dari Sandra Berchtold, dari divisi Detroit, Biro Penyelidikan Pusat.

Pesawat dengan nomor penerbangan 253 milik Northwest pada Jumat, yang berada pada jalur penerbangan yang sama dari Amsterdam ke Detroit seperti pesawat pada Ahad, menjadi apa yang tampak seperti sasaran serangan teror oleh warganegara Nigeria, Umar Farouk Abdulmutallab.

Para penumpang dan anggota awak membekuk tersang penyerang itu Jumat dan pesawat tersebut mendarat dengan selamat. Pihak berwenang AS membawa Abdulmutallab ke dalam tahanan dan mendakwa dia berusaha meledakkan pesawat itu.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009